Mar 11, 2016

Mitos Tentang Rambut yang Perlu Kamu Tahu

Rambut rontok kayaknya adalah salah satu masalah rambut yang paling sering dialami baik oleh laki-laki maupun perempuan. Dulu, Gue sendiri termasuk yang lumayan sering bermasalah sama rambut rontok. Apalagi sejak pake jilbab, karena kulit kepala jadi lembab, menjadikan rambut jadi sering kena masalah. Mau pake hair tonic, tapi gue kurang suka, karena bikin rambut jadi lengket, plus gue termasuk orang yang kulitkepalanya sensitif banget. Pada umumnya, hair tonic mengandung alkohol, yang ada... malah bikin kulit kepala gue jadi gatel dan memerah. 

 

Karena dulu ngga punya banyak waktu buat treatment ke salon dan ngga terlalu rajinjuga pake produk ini-itu buat ngatasin kerontokan, jadinya ya potong rambut pendek aja. Padahal hubby ngga suka rambut gue pendek, tapi kan mitos-nya rambut pendek itu ngga terlalu bikin rambut rontok, ya? Masa, sih? 

 

Ngomongin soal mitos, gue punya info nih mengenai mitos seputar rambut yang banyak banget beredar di masyarakat kita, ternyata ngga semua mitos itu bener lho, makanya baca yuk, info berikut ini biar bisa lebih paham lagi dengan rambut kita sendiri. 

 

 Myth No. 1:

“Rambut akan lebih cepat tumbuh dan tumbuh lebih tebal jika dipotong” 

SALAH

Walaupun memang rambut pendek seringkali terlihat lebih tebal, tapi ternyata ngga ada buktibahwa memotong rambut bisa mempengaruhi ketebalan dan kecepatan pertumbuhannya. 
Kalau mau rambut tampak lebih tebal, ya kamu bisa pake produk untuk menambah volume rambut, atau kamu juga bisa pake hair and scalp essence kayak CG 210 biar rambut kamu jadi makin subur.  

 

Myth No. 2:

“Rambut tumbuh dengan kecepatan yang berbeda di tiap bagiannya” 

- BENAR

Berdasarkan penelitian, ternyata kecepatan tumbuh rambut memang berbeda-beda di tiap bagian kepala. Mungkin karena itu ya, kenapa poni kita cepet banget panjang, tapi di bagian yang lain malah panjangnya segitu-gitu aja, he he he... 

 

 

Myth No. 3:

“Tekstur rambut dapat berubah” - BENAR

Kamu yang terlahir dengan rambut keriwil ternyata bisa aja nantinya memiliki rambut yang ikal. Rambut gue dulu lurus, pas udah dewasa jadi sedikit ikal. Perubahan tekstur rambut memang bisa berubah-ubah, karena dipengaruhi oleh banyak faktor seperti usia, kehamilan, pengobatan dan lain-lain.

 

 

Myth No. 4

“Merokok membuat rambut jadi Cepat beruban” - BENAR

Menurut penelitian J. G. Mosley di  Inggris, perokok akan memiliki uban lebih banyak dan lebih cepat tumbuh dibanding mereka yang tidak merokok. Merokok juga bisa membuat rambut mengalami masalah kerontokan. 

 

Myth No. 5

“Mencuci rambut tiap hari membuat rambut kering” - SALAH

Kuncinya adalah memilih shampoo dan perawatan rambut yang tepat dan sesuai supaya rambut tetap sehat.

 

Myth No. 6

“Mengikat rambut terlalu erat menyebabkan kebotakan” - BENAR

Gue mengatasi hal ini dengan memilih karet rambut yang berbahan bagus, sekarang ini gue juga lebih memilih untuk mengepang rambut aja daripada bikin ponytail

 

Myth No. 7

“Luka bakar pada kulit kepala dapat membuat rambut rontok” - BENAR

Luka bakar pada kulit kepala dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan.  

 

Myth No. 8:

“Menyisir rambut mempercepat rontoknya rambut” -  SALAH

Selama sisir rambut yang digunakan berkualitas baik dan nyisirnya juga ngga 

terlalu kasar sih, gue rasa ngga ada pengaruhnya, he he he. Tips dari gue adalah, 

menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang dari bagian bawah rambut saat rambut

kusut, jangan memaksa mengurai rambut kusut dengan sisir, karena malah bisa bikin rambut jadi rontok dan mudah patah.  

 

Daaan yang terakhirrr…

Ini fakta sih, jangan lupa gunakan produk yang sesuai, dengan cara yang benar pula. 
Hindari menggunakan conditioner sampai ke kulit kepala. Beberapa bulan ini gue mengatasi masalah kerontokan rambut dengan menggunakan CG 210, hair and scalp

essence dari Abbott Indonesia yang terbuat dari bahan alami. Selama pemakaian, ngga pernah ada masalah ke kulit kepala gue yang sensitif, selain itu, juga ngga bikin lengket dan lepek sama sekali, makanya gue betah pakai CG 210. 

 



Sejauh ini gue sudah rekomendasi-in CG 210 ke 3 orang sahabat gue, cewek dan cowok yangpunya masalah rambut. So far mereka bilang kalau rontoknya jadi berkurang!

Coba deh aplikasikan CG 210 ke rambut kamu. Dari pengalaman gue sih, paling ngga 
dalam 2 bulan sudah bisa terasa manfaatnya, dimana rambut rontoknya mulai berkurang.   

 

Selamat mencoba, ya!

 

 

No comments:

Post a Comment