Jan 8, 2016

Mommy's Life : Anak Saya Sempurna

Ehm... hari ini pembahasannya agak berat dikit boleh yaaa hehe.  Bukan soal mekap-mekapan dan ripiuan sih, tapi mau ngomongin soal anak.  Saat ini gw adalah ibu dari seorang anak cantik usia 2 tahun 9 bulan.  Aleya, anak gw ini lahir dengan sehat sempurna.  Aleya juga tumbuh besar dengan sehat dan lucu.  Dari bayi menurut gw Aleya ga pernah rewel dan nyusahin.  Ga ada ceritanya gw begadang gara-gara Aleya kebangun malem, malah gw yang harus pasang alarm dan bangunin Aleya buat nyusu.  Aleya bayi juga ga pernah nangis, ga bau tangan dan samsek ga pernah rewel.  Mau dibawa travelling kemana juga anteng aja di pesawat.  Sampai usia satu tahun, Aleya yang kalem mulai berubah jadi superlincah.  Mulai deh orang rumah kelimpungan jagain.  Meleng dikit aja udah deh, pasti ada aja yang dipegang atau ditumpahin.  Gw ga pernah khawatir sama sekali soal ini sebenernya, walaupun capek sih jagainnya tapi gw seneng anak gw lincah dan aktif.  Sampai umur 2 tahun lebih, lincahnya Aleya ini malah makin menjadi.  Ga ada namanya duduk tenang 5 meniiiit aja.  Kesana kemari terus dan terkesan ga ngerti bahaya.  Ga bisa deh yang namanya dilarang dan dikasih tau untuk diem.  Bapaknya aja ga sanggup jagain lama-lama hehe.  Kalau diajak ke mall Aleya bakal berlari kesana kemari ga bisa ditahan.  Di saat anak-anak lain seusianya udah mulai bisa dikasih tau, Aleya masih aja suka seenaknya sendiri.  Ga bisa digendong dan dipangku.  Mulailah Aleya di cap sama saudara-saudara.  Gw sebagai ibu ga pernah merasa ini adalah suatu hal yang besar.  Sepupu gw memang banyak yang punya anak seumuran Aleya, makanya banyak banget yang jadi membandingkan anak gw dengan anak lain.  Iya anak gw memang ga bisa diam, iya anak gw memang teramat sangat lincah sekali, iya anak gw emang ga bisa ditinggalin sendirian dan harus dipantau 24 jam, iya anak gw memang bukan tipe anak yang bisa langsung patuh ketika ibunya nyuruh duduk atau diam.  But i am okay with that.  Gw tidak melihat hal ini sebagai  suatu kekurangan yang membuat anak gw menjadi tidak sempurna.  Hey bukannya gw sesabar itu dan ga pernah marah.  Seriiiing banget gw hilang kesabaran karena tingkah Aleya.  Mecahin sesuatu? udah biasa.  Ngancurin bedak dan lipstik mamanya? jangan ditanya. Mukulin kucing orang pake koran? Maksa masukin sendal ke aquarium orang? berantakin seisi rumah dan kulkas? biasa.  Pernah gw saking marahnya gw cubit lengannya lumayan keras.  5 menit kemudian? gw nyeseeeell setengah mati sampe gw nangiiiisss ga berhenti.  Percaya ga pas ngetik ini pun gw udah brebes mili mau nangis?

Aleya, diumurnya yang hampir 3 tahun ini, belum juga lancar bicara.  Aleya sering ga fokus kalau diajak bicara.  Dia belum bisa tanya jawab, bahkan jika ditanya siapa namanya kadang dia cuek aja.  Bicaranya hanya sepatah kata aja, belum bisa menyusun kalimat seperti anak lain seusianya.  Telat bicara menurut gw pribadi juga bukan hal yang berarti : "anak gw cacat".  Gw gak merasa Aleya yang telat bicara adalah suatu kegagalan.   Nyatanya tidak demikian dengan orang lain.  Beberapa ibu lain akan menanggapinya dengan "oh kalau anakku sih umur setaun juga udah bisa ngomong" atau "Aleya belum bisa ngomong juga?" disertai dengan tatapan prihatin.  Apa gw merasa Aleya yang belum bisa bicara ini sesuatu yang memalukan? awalnya enggak, tapi makin kesini gw mulai makin kepikiran.  Aleya bahkan "ditolak" masuk ke suatu pre-school karena belum bisa berkomunikasi. Dan gw marah, marah banget.  Kalau anak umur segini saja sudah dilabeli, diberikan ekspektasi sedemikian rupa sehingga anak-anak ini harus memiliki standar tertentu di usia sedini ini, apa kabar pendidikan di Indonesia? SD jaman sekarang dengan mudahnya mensyaratkan baca-tulis untuk masuk, pre-school ini lebih parah, menolak anak umur 2 tahun, 2 TAHUN! untuk masuk ke kelas mereka karena anak gw dianggap belum bisa mengikuti kegiatan kelas anak seusianya.  Di usia sedini ini gw ngerasa anak gw seolah di cap GAGAL.  TIDAK LAYAK.  Enak bener ya sekolah jaman sekarang bener-bener cuma "terima-beres" aja, anak anda ga beres yaudah jangan masuk kesini.  Hebat kan? 

Akhir tahun kemarin gw akhirnya ngajak Aleya ke klinik tumbuh kembang.  Dokter anaknya ngomong sesuatu yang ngena banget di gw.  Beliau bilang, anak telat bicara sebenernya sudah ada dari dulu, tapi kenapa sekarang kok jadi suatu masalah yang dianggap besar? jawabannya karena ekspektasi terhadap anak jaman sekarang ini besar banget.  Di usia dini mereka sudah sekolah, masuk TK sudah ada standar khusus yang diterapkan.  Dan jika anak ga bisa ngikutin akibatnya bisa jadi anak nggak percaya diri dan berdampak sama psikologis mereka.  Disitu gw langsung nyessss banget rasanya.  Ga sadarkah kita kalau ternyata selama ini kita yang sibuk naro berbagai macam ekspektasi ke anak-anak kita dan lama-kelamaan menjadikan itu sebagai sebuah standar yang kalau tidak bisa diikuti akan membuat kita merasa GAGAL? Anak yang telat perkembangannya maka ibunya akan dicap tidak cukup memberi stimulasi, kurang perhatian dll dll dll.  Akhirnya ibu jadi marah.  Marah sama diri sendiri dan juga anaknya.  Malu.  

Beberapa waktu lalu gw lagi jalan sendirian ke sebuah mall.  Emang dasarnya perempuan ya, suka banget banding-bandingin diri sama yang lain.  Pandangan gw tertuju sama seorang cewek yang lagi jalan di depan gw.  Cantikkkk banget, tinggi langsing! Dress  sepaha, Sepatu studsnya Valentino plus nenteng Celine belt.  Ga sadar gw melototin perempuan ini terus dan mulailah gw mengkhayal kalo gw selangsing itu dan sekaligus gw ngiler liat tas Celine-nya.  Ga lama si cewek ini teriak manggil seorang mbak berpakaian babysitter yang lagi mengejar seorang anak.  Seorang anak yang lagi ngesot didepan eskalator mau naik ke eskalator yang arahnya turun dari lantai diatasnya.  Anak ini meraung, nangis-nangis.  Si cewek cantik yang ternyata ibunya ini langsung menghampiri babysitter yang lagi kesulitan menahan anak ini.  Anak ini anak perempuan, umur sekitar 7-8 tahun.  Dan begitu ngeliat wajah anak ini, pandangan gw berubah 180' dan gw berasa ditampar.  Anak dari perempuan cantik yang gw iri-in karena cantik, langsing, pake sepatu dan tas branded ini menderita down syndrome.  

Malamnya gw ingat tiga orang sahabat gw.  Tiga sahabat gw ini seringkali curhat soal belum dikasih anak.  Salah satunya ga jarang nangis karena ngerasa gagal, stress sama pertanyaan orang sekitar kapan dia akan hamil.  Gw inget, sepanjang gw di rumah sakit dulu, banyak banget gw liat pasien anak yang punya kekurangan fisik.  Ada salah satu pasien yang gw inget banget.  Umurnya 2 tahun, sama kayak anak gw waktu itu.  Anak ini hidrocephalus, sudah 2 kali operasi.  Anak ini udah berminggu-minggu ga sadar.  Ga bisa ngomong, ga bisa gerak, even makan minum aja harus dimasukin dari selang.  Kondisinya sumpah bikin gw sedih banget karena si ibu juga bukan berasal dari keluarga berada.  Anak ini, dia seharusnya dioperasi tapi keadaannya buruk banget sehingga resiko operasi juga besar.  Selama gw 10 minggu di bangsal ini, ga sekalipun gw liat ibu dari anak ini marah atau terkesan kecewa sama keadaan.  Not even once.  Ibu ini selalu bicara dengan lembut, tiap gw periksa dia selalu baik dan ga pernah ketus.  Kebayang kalau kita yang ada di posisi ibu dari anak ini? lalu kenapa karena anak gw terlalu aktif dan telat bicara aja gw harus kecewa dan malu?

Gw hidup berkecukupan, dari kecil alhamdulillah gw ga pernah kekurangan.  Gw hamil dan melahirkan pun dilancarkan.  Gw gak harus nangis berbulan-bulan, ga harus mengeluarkan uang ratusan juta untuk program IVF.  Aleya gw sehat, aktif dan Aleya anak yang cantik.  Apa yang harus gw sedihkan? Apa iya gw harus kecewa sama anak gw yang bahkan belum 5 tahun HANYA karena dia ga sama dengan anak lain? Tidak.  Aleya anak yang baik.  Aleya bukan anak yang nakal.  Please jangan, jangan pernah melabeli anak anda dengan label nakal, gagal, bodoh dan sebagainya.  Ga cukupkah kita dikasih rejeki berupa anak disaat orang lain sedang sujud sambil menangis menunggu gilirannya? ga cukupkah kita dikasih kesempatan merasakan menjadi Ibu atau ayah, disaat orang lain mungkin harus jungkir balik untuk menyandang gelar tersebut? Ga cukupkah kita bisa melihat anak kita tertidur nyenyak dalam keadaan sehat, sementara disisi lain ada orangtua yang berdoa atas hidup dan mati anaknya.  Cukup.  Buat gw, ngeliat anak gw sehat, lengkap seperti sekarang ini udah lebih dari cukup.  Amat sangat cukup.  Dan sekarang waktunya kalian para orangtua yang menjawab, cukupkah? :) 






11 comments:

  1. Aleya cantiiiikkkk... Jadi pengen nyulik deh... *geregetan*

    Kalo playdate sama Alif bisa heboh bener tuh, nggak ada yang bisa duduk anteng walaupun cuma 5 menit. Hihihi....

    Ngeliat Alif sekarang, walau kata orang kok begini kok begitu, nggak aku masukin hati. Mereka nggak tau anak kita itu seperti apa, bagaimana kesehariannya dan lain-lain.
    dan Bener banget, cukup lihat anak yang sehat dan sempurna, super aktif (walau sakit pinggang jugak ngejar-ngejarnya), itu udah nikmat yang luar biasa dari Alloh. Nikmat yang harus di syukuri...

    Sehat-sehat ya aleya sayang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaaa qiuqiuuuuu peluk dulu aaah heheh
      iya nih ak juga sekarang lebih fokus ke bersyukur. Mulai belajar juga gimana wise menyikapi orang2 yg suka ngebanding2in dan so to the toy hehe. Karena kita orang timur kan ga bisa "rude" ngejawabnya, apalagi yg paling ceriwis biasanya kan keluarga2 yaaa hehe

      Delete
  2. Hai hanna..klo kata psikolog mah delay speech ya...aleya sama jg dgn anakku..skrg dah hampir 6 thn dlm fase membeo..ditolak di bbrp sklh sdh biasa..marah pasti..krn trkesan org lain memandang anak kita dgn sblh mata..dibanding2in dgn sodara2nya..puas sakit hati deh pendek kata. Ikut program di psikolog pun sdh..dan tanpa perkembangan yg berarti..sampai akhirnya saya memutuskan utk nyekolahin anak di paud biasa yg ad dkt rmh..alhamdulillah..malah dr situ anak saya bnyk perkembangan walo pecicilannya tetep ga berkurang. Kdg sbg ortu kita ingin menyekolahkan anak di tempat yg bonafid..yg tanpa kita sadari ternyata sklh spt itu jrg ada yg bisa bersikap 'manusiawi'. Justru di sklh yg spp nya ga sampe 100 rb anak saya bisa diterima dgn baik oleh guru dan siswa lainnya..pengalaman teman ktr saya ia mengalami delay speech sampai umur 8 thn..tentunya kita tdk mengharapkan anak akan selama itu mengalaminya..tp hal yg membuat saya tenang adl scr fisik smua organnya pun normal..saya yakin anak delay speech akan cepat mampu mengejar ketertinggalannya bahkan dpt jauh melampaui..krn kendala mrk hny bicara..namun dpt merekam pengalaman mrk jauh lbh baik dr anak lainnya..so..nothing wrong to our child..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Gitta, so true ya kadang sekolah yang canggih2 ini memang orientasinya ke duit doang. Soal pecicilan, banyak banget yang komentar soal gimana aktifnya anak saya, even ibu saya sendiri juga terheran-heran, mungkin karena saya dan kakak saya ga ada yang lincah gitu. Tapi pas evaluasi ke dokter dan psikolog mereka bilang itu normal, aktifnya biasa aja ya karena anak saya emang curiousity nya tinggi, and nothings wrong with her. Kayaknya emang secara ga sadar kita orang dewasa yang terlalu nuntut yah...

      semoga anak2 kita sehat terus dan makin pintar yaaa gitta,

      thankyou so much ya for sharing this. It really means a lot.

      Delete
  3. Mba Hanna, terima kasih sekali sudah sharing pengalaman yang berharga ini. Saya sendiri belum punya anak, hampir 1 tahun menikah. Dan iya, sering banget ditanya 'udah isi belum?' yang seringkali saya jawab aja, 'Isi apa? Isi dompet? Isi perut? Mau nratktir?' Baca cerita Mba Hanna semakin menyadarkan saya kalau pertanyaan orang itu ga akan pernah berhenti ya. Saat udah punya anak pun harus siap dengan segala pertanyaan yang akan ditujukan pada kita.
    Meskipun belum menjadi seorang ibu, saya setuju sekali dengan pemikiran Mba Hanna mengenai perkembangan anak. Tiap anak punya waktunya sendiri, punya kelebihan-kelebihan sendiri, dan alangkah bijaknya kalau setiap ibu (bukan hanya ibu si anak) menghargai karakter anak itu daripada sibuk membandingkan.
    Semangat mengedukasi bu Dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba sudah mampiiir, semoga segera "isi" yaaa heheh... santai aja mbaa kalau dipikirin malah puyeng heheh

      Delete
  4. Dek,dulu lika br denger suaranya tuh umur 4 thn,aku jg ga takut la wong aku ga pernah ngajarin ngomong,masih mending aleya lincah lika dulu dr kecil cuma diem di depan tv aja anteng banget,bisa ngomong jg bikin jaget pas masuk tk umur 4th mknya samoe skrg ngomongnya jg agak susah ...hehe..kdg ga nyambung bikin ketawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh lika sempet lama jg ya mba ngomongnyaa? ah tp skrg udah pinter gitu lhooo, wong wis gede hahah

      Delete
  5. anakku dulu hampir 4 tahun baru bisa ngomong,beda banget ama adiknya,2 tahun dah lancar ngomong,kakeknya memuji muji banget si adik,tapi bagiku mereka ber2 sama2 kesayangan,tak kan kurang rasa sayang ke sikakak krn lebih lambat dari adik,semenjak punya adik si kakak tambah lancar ngomong krn ada teman ngobrol,anak memang beda2,tugas kita membuat mereka merasa bahagia dan dicintai,seperti apapun kemampuan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba. Kadang yg bikin males gt ya kalau ada saudara yg suka ga sadar muji2 anak lain, kitanya jadi baper heheh

      Delete
  6. anakku dulu hampir 4 tahun baru bisa ngomong,beda banget ama adiknya,2 tahun dah lancar ngomong,kakeknya memuji muji banget si adik,tapi bagiku mereka ber2 sama2 kesayangan,tak kan kurang rasa sayang ke sikakak krn lebih lambat dari adik,semenjak punya adik si kakak tambah lancar ngomong krn ada teman ngobrol,anak memang beda2,tugas kita membuat mereka merasa bahagia dan dicintai,seperti apapun kemampuan mereka

    ReplyDelete