Jun 17, 2012

TIPS : Beauty Blogging (Part 1)

Halo Girls.

Hari ini gw mutusin untuk nulis artikel soal tips bagi beauty blogger.  Sebenernya sih bukan tips juga ya, secara gw juga bukan yang paling oke dan expert dalam dunia beauty blogging.  It is more like, saran-saran gw sebagai reader, apa yang terlintas di kepala gw ketika membaca postingan para beauty blogger.

Belakangan ini Beauty Blogger jadi tren di Indonesia.  Menurut gw pribadi ini berita yang menyenangkan lho, karena dulu susah banget untuk nyari beauty blogger di Indonesia.  Sayangnya, beberapa orang hanya ikut-ikutan aja ataupun ada maunya.  Misalnya pengen jadi ikutan diundang ke event-event biar eksis, biar dikirimin produk gratis dari beauty company dan lain-lain.  Sebenernya sih ga masalah juga kalo emang tujuannya kesitu, tapi ambisi harus dibarengin sama usaha dong.  Jangan isi blognya seadanya tapi pengharapannya tinggi banget.   So, this is some tips for you how to be a better blogger.  Gw sendiri juga masih terus belajar jadi blogger yang lebih baik secara kualitas maupun attitude, jadi gw hargain banget kalo ada yang ngasih saran mengenai blog gw :)

1.  Nulis pake bahasa Indonesia ga bikin kamu jadi less cool

Sorry to say, tapi banyak bangeeeet blogger yang pengen mendunia dengan menulis blognya dalam bahasa inggris.  Sayangnya seringkali bahasa Inggrisnya AJAIB banget dan susah banget dingertiin bahkan sama sesama orang Indonesia.  Gw juga bukannya yang jenius dalam hal berbahasa asing (that's why gw nulis dalam bahas indonesia),  dan bukan berarti kalian harus bener-bener jagoan banget bahasa Inggrisnya, tapi at least bahasa kalian harus bisa dingertiin dong sama orang yang baca.  


Blog itu dinikmati dari segi tulisannya lho yang paling penting, dari tulisan itu kamu harus bisa menarik orang untuk baca tulisan kamu.  Selain itu penting buat gw untuk nyaman sama bahasa yang kalian pergunakan untuk menulis blog.  Gw pribadi memilih untuk nulis dengan bahasa prokem (gw-elo) gini karena gw lebih merasa nyaman dan jadi diri sendiri dengan begini.  Jadi kesannya lebih akrab gitu lho, ya ga masbro dan mbasist? ;p
tuh kan, aming aja capek baca potingan bahasa swahili. 


2. Perbaiki Kualitas foto


Hal terpenting kedua selain bahasa dan tulisan adalah foto! seringkali orang tuh suka males baca tulisan banyak-banyak dan lebih tertarik ngeliat foto.  Bagi kita beauty bloggers, foto adalah senjata andalan.  Gimana enggak? Review soal swatch ini itu dan FOTD tentunya harus jelas dong.  Ga keitung berapa kali gw geregetan baca postingan tentang make up yang kualitas fotonya sangat kurang.  I mean, sayang banget fotonya ga jelas karena beberapa dari blog yang gw liat itu kualitas tulisannya sebenernya bagus.  Jadi please perhatikan kualitas foto di blog karena sadar atau enggak itu adalah hal pertama yang diliat oleh readers kamu lho.


SETRES kalo liat postingan bagus tapi gambarnya burem.  gambarnya diambil  dari sini nih

3. Jangan sekedar update

Kadang-kadang kalo lagi males nulis, beberapa dari kita tetep maksain bikin postingan.  Yup gw juga ngalamin hal yang sama kok, kadang males atau jenuh, tapi kalo ga nulis blog jadi terbengkalai udah lama ga di update.  Nah banyak gw liat blogger yang cuma ngejar jumlah postingan tanpa menaruh perhatian lebih ke isi postingannya.  

Misalnya nih, ngereview suatu produk tapi kok ya nanggung, pendek dan kurang informatif.  Saran gw sebelum di publish coba tanya sama orang di sebelah kamu (atau tanya diri sendiri) apa isi tulisan kamu udah cukup informatif untuk dianggap sebagai sebuah review?  Misalnya nih, gw ngereview pelembab wajah, dan cuma gw tulis : "pelembabnya oke, wajah jadi kerasa lembut. Recomended!".  Duh please, we need more laaah... banyak yang kalian bisa bahas, seperti packaging, wanginya, cepet nyerep atau ga, teksturnya, bikin wajah berminyak atau gimana kek.. pokoknya selengkap yang kalian bisa deh!

4. ATTITUDE IS IMPORTANT

Pastinya ada rasa iri ya kalo ngeliat blog orang lain eksis berat, invitation dateng hampir tiap minggu, sponsor berlimpah dan lain-lain.  Nah seringkali yang kayak gini bisa bikin orang jadi sirik, dengki, iri hati dan berlanjut gosip.  Ga jarang yang menghalalkan segala cara untuk dapet sponsor, imel sana sini, ngesot sana, ngesot sini.  Well bukannya salah sih kalo kita rajin cari sponsor.  Tapi perhatikan juga attitude kalian ketika berhubungan dengan sponsor, beauty company khususnya.  Sadar atau ga, mereka itu menilai kita lho.  Bukan hanya dari kualitas isi blog kita aja, tapi attitude kita, cara bicara kita sama mereka dan bahkan mereka bisa stalking twitter dan facebook kita.  Hindari menjelek-jelekan sebuah company ke company lain, juga menjelekan blogger ke blogger lain atau company.  Lo ga akan pernah tau akibat yang bisa kalian dapet dari ngegosip ga penting itu.  

Kalo gw sih, gw pikir apapun yang blogger lain dapetin itu ya rejekinya.  Percaya aja bahwa orang punya rejeki masing-masing.  Justru harusnya itu jadi pemicu kalian untuk jadi blogger maupun pribadi yang lebih baik.

Sekian dulu tips hari ini ya,
sorry banget kalo bahasa gw terlalu rude atau nyinyir, emang ada turunan mak lampir kali ya gw hehe... intinya gw pengen ngeliat semua beauty blogger indonesia jadi lebih baik koook (pasang kaca gede-gede di depan muka sendiri).  Apalagi bagi yang mengharapkan diundang ke event atau dapet sponsor ini itu, mereka akan dateng sendiri kok kalau emang blog kamu punya kualitas, percaya deh!

Have a nice day beauties!

44 comments:

  1. setujuuuu.. kualitas n attitude itu memang perlu! Kita harus buktiin bahwa Indonesian Beauty Blogger itu blogger berkualitas! #semangat45

    ReplyDelete
  2. postnya tajam, precise dan kocak. really nice. jadi makin penasaran ama second partnya.
    ... hidup aming!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup amiiiing! ahahah.. sempet khawatir kalo bagi beberapa orang terlalu tajam sih mba doodletrend. sayah sadar banget kok bikin postingan gini bakal menuai cinta maupun benci *tsaaaah*, tapi ya sayah mah cuma mau ngeshare apa yang ada di pikiran kok hhehehe,

      Delete
    2. kalau sudah menyangkut usaha gak etis seperti menjelek-jelekkan blogger or perusahaan lain agar keliatan lebih jelek dari sebenarnya, emang musti ditajamin sih (gak ngerti gw kenapa musti cara curang gitu, plus penasaran siapa aja yg gitu wkwkwk)...

      Delete
    3. Para suhu beauty blogger, mau tanya, mengenai sponsorship aku pernah dpt, sampe kaget, diemailin
      Dan beneran barang dtg, tapi kalo mengenai undangan event, aku takut kena tipu, ada yg pernah email aku , katanya dr perusahan blabla bla kasih tau event blablabla.
      Aku ga brni confirm hadir,takut penipuan,
      Apakah mgkn ini real atau penipuan? Secara aq newbie dan blm da logo ibb

      Delete
    4. newbie pun bisa dapet invit kook dear, coba aja hadir, kalo acara di tempat publik kan ga usah takut kenapa-napa hehe.. kalo kamu takut ditipu bisa tanya ke aku lewat twitter @hannaanindhita atau fb, biasanya kalo event gitu kan ada blogger yang lain yg diundang biar aku cek in ke yang lain :)

      Delete
  3. Thanks for the tips!!
    me likeeeeeyyy <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama moniiic, thankyou udah mampir kemari yaaaa :*

      Delete
  4. Lho..mungkin ada yg nulisnya pake Inggris karena mau banyak latihan bahasa atau memang bahasa Indonya justru yang kurang bagus, ya kan? Bukan karena mau cool, tapi karena itu bahasa yg nyaman dipake untuk si blogger. Seharusnya ini tidak dipermasalahkan. Contohnya, saya menulis postingan dalam bahasa Inggris karena bahasa Indo saya 'kagok' dan kadang seperti terlalu formal. Saya tidak ada maksud untuk merendahkan bahasa negeri sendiri sama sekali.

    Ada beberapa teman dan kenalan saya yg menulis dalam bahasa asing lainnya juga karena mereka mau lebih fasih bahasa2 itu. Gak ada yang berpikiran bahwa menulis dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnnya membuat diri terkesan lebih cool kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi marissa,kayaknya kamu salah pengertian deh,, maksud saya bukannya nganggep org yang nulis dengan bhs inggris itu sok cool. bukan ituuuu...

      kalo emang lebih fasih berbahasa asing gapapaaaaa, maksud saya itu ada beberapa blogger yang ngotot berbahasa asing walaupun kemampuan berbahasa asingnya jauh dari memadai. kan saya juga bilang diatas, silahkan menulis dengan bahasa apapun senyamannya aja, ga usah dipaksakan kalo emang ga menguasai bahasanya...

      latian biar fasih gapapa, tapi balik lagi dong ke tujuan orang ngeblog kan untuk sharing info sama orang lain bukan? nah kalo bahasanya acak-kadul sampe orang lain ga ngerti ya blognya percuma, bukan? :)

      Delete
    2. Hi, aq pertama kali memutuskan menulis bahasa inggris ketika aq dpt sponsor pertama ttg bed cover dan sprei, dan byk org luar email aq minta dibikin ulang dlm bhsa inggris, karena mereka suka sama fotoku namun ga ngerti, aku ngomong apa. Kata mereka sayang skali.
      Karena byk masuknya email yg blg gt, yoweis beraniin diri coba pk bhsa inggris. :( takut salah sih nt diketawain reader, cm cuek deb latian, skalian baca lagi mpe 4x kalo salah betulin :d
      Itung itung latihan, kalo salah biasa bbrp reader luar scara halus email, kasih tau bahasaku lucu, ga comment di blog sih, cm seneg deh jadinya tau mana salahku ,dan ga akan ulang, kalo ga coba bhsa inggris, ga akan tau.

      Ternyata nulis dlm bahasa inggris bisa membuat blogmu mendunia loh. Aq ga sangka kebanyakan yg baca blog ku dan email org filipinak usa,inggris dan indonesia.
      Mereka suja tanya tanya by email.
      Hitung hitung nenggunakan bahasa inggris, menambah teman hihii

      Delete
    3. nah bagus banget kalau kamu mau dikritik dan bisa jadi lebih baik lagi :) susahnya kan yang dikritik ga mau terima dan terus aja ngulang kesalahan yang sama hehe.. sama kok aku juga gitu kadang diminta sponsor nulis pake bhs inggris, dipede2in aja walopun grammar berantakan, yg penting semoga orang ngerti bacanya dan artinya bisa ditangkep kan, hehe..

      Delete
  5. omg,itu gambar aming ngakak abis. as always hanna, i found you are one of my indonesian beauty bloggers!! karena cara penyampaiannya asik dan menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah kamyu selalu membuatkyu kegeeran deehh. hehhe.. hidup aming!!! *i kinda miss him anyway* ;p

      Delete
  6. Kalau soal bahasa inggris, gw masih sering salah XD. Justru ngeblog bhs inggris buat latian (lumayan jd sering cek2 grammar dulu sekalian belajar =P). Sepakat banget sama point 5!!! Nice tips Hanna ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kan baru sampe nomer 4 hahaha.. mabook kamyuuuuu! hihi.. nah ini dia contoh yg bagus.. sekalian belajar gapapa, yang penting di cek dulu toh, ga main post aja.. salah ya wajar car, gw jg ga becus kok bhs inggris haha.. salah grammar gapapa tapi kalo sampe bikin orang salah arti kan gaswaatt tuh..

      Delete
    2. Ehiyaa maksud gw nomer 4!! -> jereng mata gw kebanyakan ngedit video XD

      Delete
  7. Setujuuuu. Apalagi point nomer satu! Kalo berasa susah pake bahasa inggris gak usah maksain pake bahasa inggris. Ada beberapa blogger yang juga copy cara blogger luar ngomong sesuatu, ga masalah sih kalo nempatinnya bener. Coba aja setelah di post dibaca lagi, kan berasa tuh apakah tulisannya enak dibaca, gampang dimengerti atau yang musti berkerut kerut jidat mikir ini orang maksudnya mau ngomongin apa ya. Sayang aja rasanya banyak blog bagus tp cara nulisnya ga enakeun. Thanks for stating it out loud Hanna!

    ReplyDelete
    Replies
    1. you got it!

      kalo mslh grammar sih ga gitu masalah, soalnya orang luar pun suka salah-salah kok grammarnya, selama masih bisa dimengerti no problemo. Tapi yang bikin jidat berkerut itu yg bikin gregetan karena jadi penasaran sebenernya maksudnya apas ih haha.. makasih lho udah mampir kesiniiii :)

      Delete
  8. Totally agree sama point 1-3 hanna.. Nice post!
    Paliiiing gregetan kalo baca blog post yang udah bahasanya susah dimengerti, fotonya burem n ga fokus, eeh isi bogpostnya juga seadanya.. :D
    Aku emang bukan blogger yang baik, tapi aku reader yang baik loh.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga bukan blogger yang sempurna kok, intinya kan kita mencoba untuk lebih maju hehhe.. toss dulu aaah!

      Delete
  9. good blog, han.. pas njleb njleb nya.. haha!! bisa jadi patokan buat kedepannya nii.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kalo masalah "njleb njleb" mah gw jagonya han, haha.. anyway kita skrg jarang ketemu yaa, moga2 bisa ketemu soon yah bu dokteel

      Delete
  10. Ahhh ada Postingan ini jadi memacu untuk menulis / ngeblog lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  11. poin nomer 3 and 4 ngena bangeet :D
    harus banyak belajar dari ce hanna kayaknya >_< ku liat situ pake saya-kamu, gw-lo kesannya luwes, ga kagok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua orang kan pasti punya sisi yang bagus yaa vheei, ambil yang bagus2nya aja, yg jelek2nya dari aku sih diem2 aja jangan bilang2 orang lain ya hahaha..

      Delete
  12. keren loh postingannya ini XD XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh senangnya dibilang keren hehehe.. makasih udah mampir yaa darl

      Delete
  13. wahhh.. hannaa....
    empat jempol deeehhh.... ^^
    kayanya kamu tambah 'matang' ajaahh
    setujuu deh sama yang kamu omongin
    ga sabar nunggu part selanjutnyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa doong makin mateng put, kan udah dikawinin hahaha ;p

      Delete
  14. Nice post kak hanna =) Jadi bisa nambah lecutan untuk nulis lebih baik lagi.. (meski baru punya satu postingan =,=)Ditunggu part 2 nya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou sabrinaaaa, ato semangat blogging nyaa! :D

      Delete
  15. setujuuu sama kakak.. !!! bukan pembenaran ya ini komen tapi emang bener sih. udah segitu aja deh komennya, udah banyak yang me-wakili juga komentarnya :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasyih wikaditiaaaa, iya kan banyak yang ngerasain hal yang sama soal bloggers :)

      Delete
  16. Replies
    1. yup ini emang lebih kayak komentar dan opini saya pribadi, tapi bisa dijadiin patokan untuk menulis lebih baik karena saya nulis ini sebagai reader juga :)

      Delete
  17. poin 1 - 3 sebenernya agak menggelitik gue juga kalo blogwalking. Kamu menyuarakannya Hanna :D Cuma gue punya pengalaman buruk ngasih tips blogging (bukan beauty blogging sih), antara cara gw yang salah atau orangnya kelewat sensi. Orangnya merasa terdemotivasi dan berhenti ngeblog dong. *kriik* Sejak itu, gw kapok :D

    Pada akhirnya gw percaya, ngeblog itu satu proses --- di mana yang serius bakal terus berkembang dengan belajar dari banyak referensi, blog orang atau tips dari orang (mau gimana pun tone and manner tulisan tips-nya), dan yang ga serius bakal udahan; semacam seleksi alam juga.

    Tapi teteub. Gue kapok kasih tips :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gw juga mikir gitu kok mba okke, seleksi alam itu bekerja banget di dunia blogging! gw juga nyadar banget sih pasti banyak orang yg tersungging sama tulisan gw ini, but ya balik lagi ke comment mba okke diatas, yang bakal maju adalah orang yang mau belajar dan nerima tips right? :)

      Delete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. lebih keren lagi kalo beauty blogger provide sendiri produk2 yg di-review yaaah

    ReplyDelete
  20. Hi hanna, gw suka sama postingan u yang ini, gw yang lg seneng"nya baca beauty blog ngerasa apa yang u bahas ini banyak benernya. Mulai dari bahasa inggris yang ajaib.. hihihi.. Bahasa inggris gw gak ekspert, cuma kalau baca mah bisa lah yah diartikan maksudnya si penulis. Kadang gw suka nemu tuh blog" yang bahasanya sangat susah gw pahami.. ckckck.. Dan ada juga yang memang review ada kadarnya.. Untungnya banyak juga beauty blog yang bagus ^^..

    ReplyDelete