Jun 21, 2012

TIPS : beauty blogging (PART 2)

Hi Bloggers!

Menyambung tips yang gw tulis di post sebelumnya, postingan ini akan ngebahas beberapa tips lagi soal dunia beauty blogging.  Walaupun banyak yang ngerasa postingan gw terlalu "tajam" atau ga setuju, yah gw minta maap sebelumnya yaaaa, sebenernya sih niatnya supaya beauty blogger di Indonesia itu lebih maju dan otomatis kalo kualitasnya meningkat maka beauty blogger juga akan dikenali oleh masyarakat seperti halnya fashion blogger.  Contohnya Sonia Erika yang dikontrak sama Ponds, dan Diana Rikasari yang sekarang jadi famous gara-gara blogging, gw juga pengen dong at least masyarakat tuh tau kalo ada loh di Indonesia yang namanya beauty blogger, dan beauty blogger itu punya kualitas.  Thats it.

Nah langsung aja ke tips berikutnya ya!   tips ini bisa dipake untuk menggaet followers dan readers blog kalian.

1. Be real

Menulislah tanpa dibuat-dibuat, tulisan yang mencerminkan kepribadian kamu dan bersifat jujur menurut gw lebih menarik dan enak dibaca dibanding tulisan yang terlalu manis dibuat-buat.

Selain itu photo pun harus jujur.  Jangan kebanyakan diedit walopun jerawat lagi merah merona membara.  Kalaupun punya banyak bekas jerawat ato apapun jangan mengedit terlalu banyak.  Kenapa? karena di dunia nyata ketika kamu diundang ke event oleh company atau ketemu readers kamu, bisa jadi mereka kecewa ngeliat aslinya.  Apalagi foto diedit ato photo setelah pake foundie kamu bilang itu kulit asli kamu.  Padahal justru ketidaksempurnaan itu punya nilai tersendiri lho.  Misalnya karena punya bekas jerawat kamu bisa jadi ngereview coverage suatu foundation dengan lebih baik kan?

kenyataan itu perih jenderal!!!  source

Oiya masalah "be yourself atau be real" ini kadang-kadang jadi serba salah juga lho.  Ga jarang ada reader yang kecewa karena ngerasa "ih ini orang kok beda banget sama yang di blognya".  Trus jadinya dianggep fake dsb dsb dsb.  Kadang-kadang emang manusia itu beda antara di dunia maya dan di dunia nyata, tapi ga berarti itu berarti dia fake juga sih, karena i realize kadang orang yang di blognya bawel ternyata aslinya super pendiem lho.  Contohnya gw nih, walopun di blog gw manis manja dan feminim (hoek) tapi di dunia nyata banyak temen-temen blogger yang ga berani nyapa gw duluan, dikarenakan muka gw yang kayak ibu tiri ini.  Padahal kalo udah kenal sih... emang kayak ibu tiri hihi.. kepribadian orang itu ga bisa dinilai dari ketemu sekali dua kali aja bos, perlu penelitian yang mendalam kalo mau mengenal orang bener-bener karena ga semua orang bisa terbuka sama orang yang baru dikenalnya... bethul? (loh kok jadi curcol?)




2. Be Honest

Kamu blogger baru dan baru dapat sponsor? atau kamu pengen dikenal baik sama suatu beauty company?  Pasti ada beberapa yang mikir caranya tinggal nulis yang baik-baik soal produknya.  Well.. jujur gw banyak menemukan fenomena dimana blogger yang baru pernah dapet sponsor atau gratisan produk jadi terlalu "manis" ketika menulis reviewnya.  Darling, tau kenapa beauty blogger banyak diundang ke event dan dikasih produk? karena yang kita tulis di blog itu KENYATAAN.  Dibandingkan dengan iklan dan artikel di majalah, tulisan blog lebih dihargai karena sifatnya jujur dan ga mengada-ngada.  Semua review seharusnya kita tulis secara jujur berdasarkan pengalaman kita.  Ga ada produk yang ga punya kekurangan, ketika kamu nulis review produk dengan memuji-muji tanpa nulis kekurangannya kadang secara ga sadar kamu mengurangi kepercayaan readers kamu (apalagi yang kritis kayak gw).  Nah loh jadi gimana dong cara nulis review yang bagus tanpa bikin beauty company atau sponsornya jadi bete? Gali dong kelebihan produk itu, kalo ada kekurangannya coba cari solusi sebisa mungkin.

misal : pelembab A bikin muka kamu berminyak, tulis di reviewnya kalo kamu lebih nyaranin produk ini untuk pemilik kulit kering.  

Nah pasti ada yang mikir "kalo tinggal gitu aja mah nenek-nenek encok juga tau".  Well, saran gw diatas ini berlaku untuk blogger yang masih belum tau lho, kalo yang udah expert mah justru kayaknya gw yang harus sungkem hihi..

contoh dong musisi diatas nih, ian keselek, dia selalu JUJUR dan terus terang terus terang teruuuss




3.  Jumlah followers bukanlah segalanya darling...

Ya ya gw tau kalo jumlah followers itu biasanya jadi tolak ukur eksis enggaknya seorang blogger.  Tapi ga selamanya kayak gitu lho.  Bukannya mau menyombongkan diri atau menyombongkan siapa-siapa sih (lah), tapi gw dan beberapa orang staff IBB itu ga semuanya punya banyak follower lho.  Gw aja followernya cuma 300 orang, sangat kecil dibandingin sama beberapa blogger di Indonesia lain yang udah tenar.  Tapiii tetep bisa kok eksis diundang ke event-event, dapet kiriman produk baru dari company dan lain-lain.  Kenapa sih susah dapet followers? i'll tell you my sotoy theory ya, Gw nulis dengan bahasa Indonesia.  Udah pasti readersnya juga orang Indonesia.  Nah di Indonesia dunia per-blog-an ga seheboh di luar sana.   Orang Indonesia cendenrung googling apa yang dibutuhinnya, trus walopun nyampenya jadi ke blog orang, tapi selesai baca ya udah,  Kalo mau baca  postingannya lagi ya tinggal cari nama blognya di google.  Bahkan banyak yang ga tau gimana cara follow blog dan subscribe.  That's why kadang walopun traffic blog kamu tinggi, follower kamu bisa aja sedikit.  

Nah kadang blogger-blogger ini cenderung berpatokan sama jumlah follower doang, trus jadi patah semangat, jadi galau risau dan sebagainya ngeliat jumlah follower ga naik-naik.  Sabar honey, seiring dengan naiknya kualitas postingan kamu sayah bisa jamin kok kalo followers dan traffic bakal naik pelan-pelan.  

3.  Make friends

Berteman dan sering-seringlah jalan-jalan ke blog orang dan ninggalin comment.  Cara ini biasanya cepet bisa bikin popularitas kamu naik.  CUMA, jangan jadi orang yang ada maunya.  Coba tinggalin komen yang tulus dan konstruktif, jangan cuma sekedar "nice post ^^, main ke blog aku ya di bla bla bla.com".   Coba pake cara orang marketing, puji apanya kek, pasti ada dong yang bisa dipujiii.  Kalo ga nanya apa gitu kek kan bisa. Dengan gitu kamu akan bisa menjalin ikatan yang lebih kuat dibandingin cuma sekedar basa-basa doang. Sadar atau ga, berteman (bener-bener temenan lho) dengan teman yang punya minat sama bisa memacu kamu untuk lebih semangat dan bagus untuk koneksi kamu kedepannya.  INGET, bertemanlah dengan tulus, jangan ada abon dibalik lemper ya!

nyambung atau enggak,  tapi  i love this quote! hahahah..


Apalagi kalo pas dateng ke event tertentu, ga usah ragu deh untuk nyamperin blogger lain duluan dan SKSD.  Gw aja orang terjutek dan ter-FLAT bisa kok ngobrol seru ngakak-ngakak sama banyak blogger yang baru gw temuin pertama kalinya.  Soalnya kita kan satu passion, sama-sama seneng make up dan skin care, jadi pasti nyambung kok!

4.  Ceritakan juga tentang sesuatu yang personal

Kadang cuma review dan photo-photo doang bisa bikin orang boring.  Ga ada salahnya sekali-kali cerita soal kejadian-kejadian yang kamu anggep penting atau berkesan di blog kamu.  Atau sekedar sharing tentang ide atau apapun.  Secara ga disadari ini bisa bikin readers kamu ngerasa lebih dekat dan penasaran sama kamu lho. Malah kalo kamu pinter nulisnya orang bisa jadi nagih alias sakau pengen baca update kamu berikutnya.  Nah kalo sampe ada reader yang sakau tapi kamu belum sempet update blog lagi, solusinya adalah dengan menawarkannya sekaleng lem Aibon (bagi yang ga ngerti coba tanya kakak-kakanya yang lahir taun 80an).  Tapi jangan terlalu narsis juga ceritanya berkisar di kamu aja, trus jangan sekali kali curhat sesuatu yang pribadi di blog, ngomongin orang atau sebangsanya. Terus terang aja blog yang isinya terus-terusan curhat galau, ngomongin orang dan mengasihani diri sendiri itu paling annoying untuk dibaca.

Nah sekian dulu tips part 2 nya yah,  



PS : kalo ada yang mau nambahin tips monggo lho.. siapa tau artikel ini nanti bisa dijadiin kitab hehe..






79 comments:

  1. bener bgt, yang paling penting itu be honest. gw baca baca review dari blogger itu buat analisa jujurnya dan kelengkapannya. dan kalau enggaging seperti pos ini, jadi sakau.. aibon mana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa justru itu yang paling penting sbg seorang blogger kan yaaah... yuk jongkok di pojokan sambil ngelem bareng *aaaaahhh...

      Delete
  2. Setuju point 1 untuk tdk berbohongg beelebih, point 2 Stujuuu peenah nemu blogger ud terkenal follower byk, dl dia review kayaknya tulus, skrg kaya komersil :( isinya great smua.
    Dan menyenangkan ternya ada ibb, dl saya bkn blog krn pgn sharing saja, ga ada temen :( eh skrg jd ada temen hehhe

    Dan stuju ttg jumlah follower, followerku dikittttttt bgt, tp yg baca tiap pos bs ratusan, cm gpp deh, follower bukanlah ukurannya. Yg penting isi blognya.
    Kalo masalah "nice post" sorry to say, your post of the day : nice post. Hehehe jd gmn donk :d emang nice.
    Segituuuuu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah emang tujuan awal bikin blog ya itu dia, niat pengen SHARING. masalah dapet attention dari cpmpany dan lain lain kan bonus :) yap memang yang paling penting isi blognya yaaa!

      dulu juga pas gw pertama kali diundang ke event bahkan followernya dikit banget ga sampe seratus malah kayaknya :)

      Delete
  3. wah mantep banget kak tipsnya :D
    makasih ya ud dishare

    ReplyDelete
  4. gw pantengin trus post ini dari part 1 nya sampe part 2 ini, emang kata-kata nya nendang. tapi yang pengen MAJU dengan blog nya pasti found it HELPFUL! termasuk gw..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mentang2 lagi musim bola jadinya pengennya yang "nendang" hahah.. semoga tipsnya juga berguna buat yang lain yaa, ayo cemunguuudddh!

      Delete
    2. hahahaha yaaa boleh deh nendang asal point nya membantu.. dan setiap aku nge-post, aku berulang kali baca postingan yang aku tulis sebelum d publish untuk mastiin point2 yang kamu jelasin dan saran2 bloggers lain udah tercakup.. aku sih udah dari tahun lalu nge-blog, tapi dulu nya terlalu fokus ke muslimah fashion jadinya keseringan nampilin foto daripada kata2, dan sekarang udah mulai nyentuh beauty blogger, jadi harus belajar gimana nulis blog dengan konten yang bagus dan etika yang baik.. yes?
      anyway thanks for sharing, han..

      Delete
    3. nah apa menulis dengan mempertimbangkan tips dan saran orang lain bikin kamu jadi mikir nulis blog itu ga fun? ;) atau masih sama fun nya seperti dulu?

      sama2 qielaaa!

      Delete
  5. Betul banget tuh muka memang kayak ibu tiri...Pas baru kenal aja masih ramah an suminya daripada si Hanna...Malah aku sering dibully lagi sama kanjeng tiri yang satu ini ....
    Tapi guys manusia lulusan kedokteran yang satu ini patut diacungkan jempol loh, memang muka dan kelakuan agak kurang sinkron. Makanya don't judge the book by the cover. She's nice.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoaah so sweet banget sih prengkiiy hihi.. Walopun ga sinkron tapi ngangenin kaaan? hhahaha.. soalnya kamu anak bawang yang lucu nan imut siy jadi gemes mau ngebully hahha..

      Delete
  6. tergampar-gampar gw baca post ini hahaha... (confession of a jerawat editor) --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. puts, sejujurnya gw ga sadar bahwa foto lo itu editan, karena mnurut gw ga separah itu hahah..

      Delete
  7. berarti gw termasuk orang nekat ya negor lo duluan pas acara mac dulu di gi.. hahaha.. post lo si asli nampol abis2an loh, banyak kali yang bersin2 berasa kesindir.. huahaha.. bagoss!!! ;)

    ReplyDelete
  8. Hanna, you made several good points here. Aku setuju kalau sebagai blogger kita harus jujur dan friendly. :) But I want to comment on 2 things:

    1. Aku pribadi agak risih dengan pandangan yang mengasosiasikan "famous" dengan "successful". Menurutku banyak kok orang yang terkenal tapi nggak sukses. Sekarang-sekarang ini kan trend-nya orang terkenal hanya karena tampang dan intensitas mereka muncul di infotainment. Sementara itu banyak orang di luar sana yang mendedikasikan hidup mereka untuk usaha-usaha yang meningkatkan taraf hidup orang banyak, ilmuwan dan guru misalnya. Sebagian besar dari mereka bahkan nggak pernah dikenal orang, nggak pernah dielu-elukan. Jadi kalo mau Indonesian Beauty Bloggers "sukses", standard kesuksesannya apa? Apa mesti "TV-broadcast famous" dan dikontrak oleh perusahaan tertentu sebagai endorser? Aku pribadi memandang kegiatan "blogging" itu hanya sebagai hobi, jadi prioritas utamaku adalah untuk melahirkan konten orisinil yang 1) informatif dan 2) inspiratif, atau setidak-tidaknya entertaining. Kalo ada orang yang baca tulisanku terus komentar, "Wah makasih banget, aku belajar sesuatu dari posting ini." Atau ada juga yang mulai ngeblog gara-gara baca blog-ku, nah itu bagiku udah sukses namanya. So the term "successful blogger" is so vague, because people's definitions of "success" might be different from one to another.


    2. "Supaya beauty blogger di Indonesia itu lebih maju dan otomatis kalo kualitasnya meningkat maka beauty blogger juga akan dikenali oleh masyarakat"
    Yang dimaksud beauty blogger berkualitas itu yg seperti apa? Apa yang fotonya mesti kualitas DSLR? Atau yang reviewnya minimal 1500 kata? See? Sesuatu yg as personal as a blog nggak bakal bisa distandardisasi. So if the staff in IBB facebook group want to judge a blogger as being either "high" or "low" quality, you guys are going to face some philosophical (and technical) obstacles. Mesti dijabarkan sejelas-jelasnya tuh apa yang membuat seorang blogger lebih berkualitas dari blogger lain, dan jangan heran kalau ada orang yg nggak setuju dengan standard yang kalian buat. Karena lagi-lagi, blog itu personal, dan kebanyakan blogger itu nggak dibayar. Beda sama aktris/aktor misalnya, yang mereka itu bekerja secara profesional, jadi standard untuk ngejudge karya mereka berkualitas atau tidak bisa dirumuskan dengan jelas.

    Hehe maaf yaa kalo curcol. Just giving my two cents. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi fifi, thankyou for sharing your opinio lho, bagus banget opini kamu

      1) SUKSES sebagai blogger menurut aku ga jauh beda sama kamu mungkin, untuk menghasilkan blog yang inspiratif, at least artikel yang kita tulis bisa ngebantu orang aja udah cukup dan nyenengin hati kok. FAME, sponsor, undangan dan sebagainya kalau menurut pandangan gw bukannya tujuan yang saklek dan bukan tolak ukur kesuksesan, tapi itu semua gw anggap achievment. Ketika ada undangan event atau sponsor yang menghubungi kita itu aku rasain sebagai penghargaan atas apa yang aku tulis di blog. Secara ga langsung itu artinya bahwa blog yang kamu tulis dipandang baik dan inspiratif sehingga ada sponsor yang mau kamu review produknya atau ngundang kamu untuk suatu acara, karena aku juga tau bahwa banyak dari company itu ga asal ngundang blogger tapi mereka juga memilih dan memilah orang-orang yang dipilihnya. Tapi eksis dan famous juga memang ga bisa dikaitkan 100% dengan kesuksesan (walaupun aku rasa suka ga suka emang kedua hal itu berhubungan erat), karena pada akhirnya publik lah yang akan menilai orang tersebut terkenal karena dia memang inspiratif atau karena hal lain? seleksi alam yang akhirnya menentukan kan? dan lagi masalah fame itu juga menurut aku ada faktor nasib ya. dan sukses disini ga bisa aku anggap sebagai suatu titik puncak gitu kayak "oh aku udah sukses trus udah dong selesai?". Karena kalo aku sih seiring bertambahnya achievment yang kita buat dan kondisi sekitar kita, definisi sukses kita juga berubah dari waktu ke waktu..

      dan kalau tolak ukur kamu soal sukses memang spt apa yang kamu tulis diatas, well.. kamu udah sukses kalo gitu fi, karena aku mulai ngblog juga salah satunya karena liat blog kamu hehe..

      2)Actually aku buat postingan ini tentu ga sebagai staff ya, tapi sebagai reader. aku memposisikan diri ketika membaca blog orang lain. Dan selayaknya orang pada umumnya kamu bener2 bisa mengenali kan sesuatu yang kamu anggap bagus atau ga.

      high quality untuk seorang blogger tentunya berkaitan dengan tulisan dan foto. tentu keduanya harus jelas dan membuat orang bisa ngerti dengan apa yang mereka tulis. foto contohnya, foto dari hp ga masalah, tapi apa bagus kalo review swatch eyeshadow kita foto dengan camera yang kualitasnya minim dengan gambar buram ga maksimal? semua orang pun pada umumnya akan menilai bahwa postingan itu kurang baik tentunya.

      STAFF IBB ga akan membuat point2 atau ngejudge mana yang low atau high quality, tapi yang perlu bloggers tau bahwa beauty company menilai kalian. Pembaca juga. Tujuan aku menulis tips tentunya supaya bloggers yang lain bisa meningkatkan kualitasnya, kualitas apa? Susah dijelaskan memang, tapi sama seperti ketika kamu menilai sebuah novel bagus atau ga, sebuah lukisan bagus atau ga. You can definetely tell your self (or your friend) apakah sebuah karya itu bagus atau ga. Subjective? Jelas, pasti subjective.

      Tujuan blogging itu sharing kan? Dan apalah gunanya sharing kalau tulisan dan isi postingan itu sendiri ga bisa diterima/ditangkap oleh orang lain? personal memang, tapi kalau bloggers tersebut ingin membuat pencapaian seperti dapet sponsor atau apalah itu, ya well kami semua disini siap membantu memberi saran :)

      kenapa gw tulis "supaya dikenali masyarakat?". Karena dengan begitu lebih banyak orang yang akan terinspirasi, lbh banyak orang yang tau tentang hal yang kita share di blog.

      mungkin beberapa dari kita yang followernya udah banyak menganggap fame itu ga penting, bukan tolak ukur kesuksesan, tapi coba kita inget lagi jaman dulu waktu baru mulai ngeblog, seneng banget kan waktu pelan2 ada yang liat blog kita, komen dan follow? sadar atau ga, salah satu kebutuhan utama manusia adalah aktualisasi diri dan penghargaan :)

      Delete
    2. Hai Han,
      First of all, aku ngerti kok kalo kamu nggak nulis postingan ini sebagai staff IBB. Aku cuma menjadikan itu sebagai contoh aja, bagian dari elaborasi argumenku kalau pada dasarnya personal blog itu nggak bisa distandardisasi. Kalo novel mah bisa karena novel kan karya literatur, apalagi yg sudah dipublikasikan, orang perlu bayar untuk baca novel itu, jadi wajar kalo mereka boleh mengkritik novel tsb kalo mereka nggak puas dengan apa yg sudah mereka beli. Lha kalo blog? Setiap blogger bisa bilang, "If you don't like it, don't read it. Nobody forces you to come and read my blog." Which is justifiable. Karena memang seorang blogger nggak berutang apa-apa pada si pembaca. Kalo pembaca nggak suka ya pergilah ke blog lain, toh si pembaca nggak menggaji si blogger kan? Jadi susah untuk bikin standard mana blog yang bagus/nggak terlepas dari tampilannya atau teknis penulisan/pengambilan foto. Secara keseluruhan, nggak ada standard gimana cara ngeblog. That's the beauty of the internet; you're free to say whatever you want, however you want. Itulah kenapa perusahaan-perusahaan biasanya mengacu pada jumlah follower/page rank, karena itulah yang bisa diukur. Sementara konten sendiri susah nge-judgenya. Ada org yang suka review produk panjang/detail, ada yg sukanya singkat tapi padat. Selera orang beda-beda. That was my point.

      And I never said fame is "nggak penting". :D Sebaliknya, di atas aku mengutarakan ttg ilmuwan dan guru. Nggak banyak orang yg tahu siapa itu Carl Sagan atau Richard Feynman, tapi begitu artis A pacaran sama artis B semua orang ribut. Intinya, some people deserve fame, some people don't. Aku bukan bilang fame itu nggak perlu atau nggak penting, tapi fame itu semestinya datang setelah kita mengerjakan sesuatu yang bernilai. Jadi fame itu seperti by-product, not the main essence of what being successful is. Masalah seorang blogger mau cari tenar, mau banyak follower, dll, itu kukembalikan ke diri mereka masing-masing aja. Aku sendiri, bahkan sebelum blog-ku belum banyak yg baca pun, nggak pernah kepikiran untuk memasukkan fame sbg salah satu tujuanku ngeblog. Dan menurutku itu salah satu yang menjadikan aku bisa ngeblog sampai sekarang, karena ekspektasiku nggak muluk-muluk. Aku nggak berharap punya banyak follower atau diundang ke event-event. Jadi apapun outcomenya, aku tetap ngeblog. Sementara orang yg awalnya udah berharap tinggi-tinggi, bisa jadi kalo harapannya nggak cepat tercapai ya udah deh berhenti ngeblog.

      Hmm kayaknya itu aja deh. Anyway, sekali lagi kalo masalah teknis seperti tulisan mesti bisa dimengerti, foto mesti jelas kalo nge-review produk, okelah itu common sense. Yang aku keberatan itu kalo pihak tertentu bilang blog yg berkualitas itu seperti ini/itu tanpa mengajukan standard-standard pembanding yang jelas (apalagi kalo pihak itu sendiri bukan blogger).

      Delete
    3. mengenai orang2 yang dr awal tujuannya udah tinggi soal blog itu yang aku perhatikan fi, dan aku juga ga bisa nyalahin mreka untuk punya tujuan seperti itu kan? karena ya seperti kita tau orang bebas mau punya visi dan misi apapun. Dan aku harap postingan ini bisa bantu mereka untuk dapet apa yang mereka mau.

      aku ga berusaha merumuskan standar, itu ga mungkin lah. tapi sadar atau ga masing-masing dari kita punya standar sendiri dan kita setiap saat selalu menilai orang lain, itu ga bisa dihindari.

      anggap aja ketika seorang make up artis ngasih tips make up, kadang tekniknya beda-beda, siapa yang bisa bilang itu salah atau ga? terserah masyarakat kan mau gimana nilainya? disini aku hanya menuliskan penilaian aku dan apa yang aku harapkan aku baca dari sebuah blog.

      "kalau suka blog saya silahkan baca, kalau ga ya just leave"
      itu pun berlaku pada postingan ini fi, aku ga nyuruh semua orang untuk baca postingan ini dan memaksa semua orang untuk nurutin kan karena ini ya cuma pendapat pribadi aku sebaga seorang reader dan blogger.

      Dan ga smua orang prinsipnya gitu, ada banyak blogger di luar sana yang mengharapkan banyak orang yang datang ke blog merka dan baca post mereka, karena itu lah mereka mau dan butuh kritikan dan tips, makanya kan banyak pertanyaan oleh blogger baru gimana caranya bikin blog yang baik dan bla bla? aku atau siapaun ya bebas ngasi tips dan saran, yang menyaring saran tersebut ya blogger itu sendiri toh?

      kalau ada yang prinsipnya "gw mau nulis apa aja di blog gw, yang penting gw having fun ah" ya gapapa juga, kan emang orang beda2 kan fi..

      oiya coal company, jangan salah lho. beauty company di indo itu banyak yang menilai isi blog kita bukan cuma sekedar angka. mereka menilai pribadi kita juga lewat tulisan bahkan sosial media yang kita punya.

      Delete
  9. Wow hanna... Its nice post i think, sy setujuuuu buat semua yg km tulis,top bgt :)

    ReplyDelete
  10. Hanna, beberapa hal aku setuju sama kamyu, Darl. Tapi ada beberapa hal yang pingin aku diskusiin lebih lanjut deh. Sejak post pertama udah pengen komen, tapi maju-mundur karena jiper sama tampang-ibu-tiri :))) *bercanda yak..*

    Poin pertama, aku setuju sama Fifi, kalau kita nggak bisa ngasih standar mana blog yang bagus dan mana blog yang jelek, karena aku rasa itu masalah selera. Bisa saja kamu berpendapat kalau racuncelle.blogspot.com itu blog yang berkualitas, postingannya keren, dan penulisnya sexy. Sedangkan aku berpendapat kalau blog itu nggak keren :p.
    Ya sama sih kaya yang kamu bilang soal lukisan atau novel. Banyak yg bilang lukisan abstrak itu keren, tapi aku nggak ngeh kerennya dimana. Dan aku juga suka novel2 yang kebanyakan orang lain nggak suka. Dan nggak selalu lho blog yang reviewnya dengan kata-kata detil bakalan jadi favorit. Contohnya http://joveetalee-art.blogspot.com/. Menurutku itu blog yang bagus walaupun nggak banyak kata2nya. Jadi menurutku, soal kualitas, ini adalah masalah selera.
    Dan beberapa blogger banyak juga yang nggak/belum punya kamera yang memadai. Tapi aku rasa bukan berarti mereka lantas lebih-baik-nggak-ngeblog donk. Karena kamera itu bukan barang murah lho.. :D.

    Yang kedua soal penggunaan bahasa. Yang ini pernah juga di angkat oleh Endi di facebook group IBB. Kalau menurutku, many people will read & follow the blog if that's good, but still, blog is privately owned. Pemilik bebas mengisi blog dengan apapun (tapi ada batasan tertentu ya, misalnya SARA). Karena masing-masing pemilik blog tentunya punya tujuan sendiri2 dalam ngeblog. Kalau memang tujuannya adalah menjaring follower dan cari sponsor, okelah. Tapi ada juga lho blogger yang menggunakan blog sebagai sarana untuk belajar menulis dan berbahasa inggris (dan kebetulan dia suka makeup jadi nggak ada salahnya belajar bahasa inggris dengan ngeblog tentang makeup). Dan dalam proses belajar, sah-sah aja melakukan kesalahan, termasuk kesalahan dalam berbahasa Inggris.

    Maaf ya, Han, jadi kepanjangan. Tapi menurutku, tulisan kamu yang ini menarik banget untuk di diskusikan. Dan jujur lho, kamu ini termasuk beauty blogger favoritku, yang artinya, masuk di seleraku (dan selera mayoritas juga sepertinya) :D. Oh dan aku setuju 1000% soal kalau ngereview produk harus jujur, nggak usah dibagus2in. Karena kalau memang tujuannya menjaring follower, ya follower itu biasanya nyari review yang jujur mengenai suatu produk :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho, apakah aku nulis daftar mana blog yang bagus atau ga? di postingan ini aku juga hanya menuliskan opini aku pribadi lho sebagi reader, blog seperti apa yang menurut aku bagus atau ga (selere pribadi aku). Apakah salah kalau aku sharing opini aku sebagai pembaca juga? :)

      soal bahasa inggris, oke kalau ada blogger yang menggunakan blog sebagai sarana belajar, tapi ya harus betul-betul belajar dong :) artinya dia harus perhatikan bener apa yang dia tulis dan mau dikritik. gw sendiri juga jeblok kok di bhs inggris dan kalau gw tulis postingan dengan bhs inggris biasanya gw minta temen gw untuk baca dan kritik abis itu.. melakukan kesalah wajar tapi jangan terjebak dalam kesalahan yang sama, itu kan intinya proses belajar?

      thankyou banget lho komennya rum, at least aku juga jade tau sudut pandang orang lain ;)

      Delete
  11. Eeemmhh... Iyaa gw juga setuju bgt sama opini jeng Fifi. I made my blog itu buat nyalurin hasrat lenongan yg tak terbendung. Awalnya drpd sayang udh mekap bagus2, tp ga kefoto. Jadilah gw bkn blog aja, biar skalian nginspirasi org (Sukur2)..
    And sbnrnys gw ga mengharapkan byk dr apa yg udh gw buat dlm dunia blog. Because itu semua 100% murni based on my personal thing. Gw bangun sendiri, menciptakan ssuatu sendiri dsb. And honestly, i dont mind sama standarisasi dunia blogging. Because blogging adlh Dunia Jurnalistik dlm bentuk fun dan personal. People can do what they love to do... Selama, ada foto yg bisa membantu utk mempetjelas tulisan, ada kata2 utk memperjelas foto, that's quite enough for me....

    Kita ga bisa utk mengotak2an ssuatu as long as itu msh wajar, dlm artian tdk memyinggung org, tdk SARA, tdk vulgar dll. So, smua yg dikata jeng Fifi bener bgt. Write what you wanna write. Tidak ada benar ato salah krn itu relative...

    Soal beauty company ngelirik ato ngak, itu bonus. Poin utama yg gw ingin dr blogging adalah, gw menginspirasikan org (Amien...) dan mmbantu org klo ada yg butuh info produk. Singkat ato pjg lebar, depend on my mood yg penting ttp informatif. Sponsor ato gratisan, thats my second or third poin.


    Well, happy blogging people.... Do what you love to do..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, lo juga setuju kan selama ada foto dan kata2 yang jelas itu cukup. Itu juga kan yang gw tulis diatas catra :)

      gw sendiri ga ngerasa mengkotak2an lho, maaf kalo keliahatannya seperti itu. Tapi menurut gw kita sebagai pribadi pasti punya penilaian sendiri kan mana blog yang bagus dan yang tidak (yang lo putusin untuk lo baca dan follow dan mana yang cuma selewat aj lo baca). jadi ya semua orang tanpa disadari di dlm hatinya selalu menilai orang kan. Dan ya me too hanya menulis apa yang mau gw tulis yaitu opini gw yang ini tra. Apakah gw bilang salah dan benar di postingan gw diatas?


      dan lagi ini hanya tips, you are free to read or just ignore it. Gw rasa banyak yang baca dan komen di posting an ini karen a mrk juga merasakan hal yang sama dengan gw tampaknya..

      Gw sendiri ya terserah bloggers sendiri, mau nulis untuk fun tanpa ngeliat situasi kondisi yang penting "blog is for fun" atau mau improve kemampuan blogging dan menulisnya.. dan perlu di note kalau being profesional itu artinya ga FUN lagi.

      Delete
  12. postingannnya Hanna ini "sesuatu" banget yah. wahahaha..! XD XD seru abissss mengupas abis masalah blogger ini. nice point, aku jadi senenggg bgt bacain satu2 sampe abis.
    Dan kayaknya yang di omonging @sekararum itu aku bgt deh, LOL! aku nulis blog-ku dalam bahasa inggris supaya inggris bisa kepake sekalian belajar, kalo gak gt gak kepake deh T_T maklum hanya kuliah accounting, di kuliahan gak kepakeeeeee!! >.<. Sambil mempelajari grammar lagi juga sihhh XD (sadar betul grammar-ku kaco). Dulu aku sempet bikin blog-ku dalam 2 bahasa, tapi gara2 seperti yang hana bilang org indo jarang baca blog dan nyari info kalau cuman butuhnya aja di tambah lagi aku pake tumblr.. saat itu yang mampir cuman temen2 blogger luar kek philipine jadi yaahh... langsung smua postingan sesudah itu ganti ke bahasa inggris aja biarga ribet juga sehari bikin postingan 2 bahasa (uda kek org gila). EKKHH??! kok jadi curcol gini ya XP

    anyway aku suka banget postingan ini, however intinya yg aku tangkep berubah ke arah yg lebih baik lah, yang kurang di perbaiki, yang udah baik ya di pertahankan no need to be fake or be someone else,- stay honest XD :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu juga niatnya nulis pake bhs inggris kok biar lebih gimanaaa gitu, tapi ternyata capek dan ga enak juga kalo ada yang salah-salah hahah.. (intinya sih aku males ;p)

      grammar aku juga ngaco dan aku kasih seribu jempol buat orang yang mau belajr dengan bener gimana cara nulis pake bhs inggris dengan bener.. dan itu pula yang aku harapin dari blogger lain, alangkah baiknya kalo merke juga mau sedikit-sedikit memperbaiki kekurangannya.. apalagi aku suka geregetan misalnya yang mekap nya bagus ato mkanya mulus aku pikir blog nya pasti akan oke banget kalo bahasanya bisa lebih dimengerti.. hehe.. (its jus my personal opinion ya)

      aku malah suka lho klo orng curcol di blog aku, artinya aku bisa menarik mereka untuk cerita dan sharing juga, selain itu jadi makin kenal kan hehe..

      thankyou udah mampir yaa

      Delete
  13. berasa di tampar wkwkkk tp gak pa2 demi kemajuan kita semua ^^ selalu suka dengan postingan kamu yg berasa rame dan menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya dengan nulis ini gw juga nampar diri sendiri sih haha.. dulu juga soalya gw sering melakukan kesalahan2 diatas juga.. thankyou for reading!

      Delete
  14. Stuju ama bintangkecil dan stuju ama point hanna no 1&4.. Klo gw mlh mls klo ke event2 n bis tu musti terikat bkin review2nya huahahaa.. Sprti kt bintangkecil..nge blog krna emg mo share n menginspirasi sjah..bnr2 just for fun n sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya ga semengikat itu kook, gw juga kadang ga gw report tuh lu, kalo gw suka dan berkesan ya gw report.. kalo gw rasa itu bagus untuk di share ya gw share lah..

      Delete
  15. Saran yang baik buat para blogger (beauty blogger khususnya), dan saya setuju banget buat review yg karena sponsor sebaiknya sejujur mungkin, cos akhir2 sering banget postingan beauty blogger tiba2 jadi kompakan ngebahas product yang sama dan agak "manis" yaa.hehe

    That's true, nge blog emang karena mw share informasi n catetan biar gak lupa.

    Happy blogging^^

    ReplyDelete
  16. ikutan comment ya hanna..maaf rada panjang... hehe. in my humble opinion beberapa tips2 hanna ini bagus banget dan bisa menjadi motivasi buat para blogger yang mungkin goal nya memang yang seperti di tulis hanna ( diundang beauty event, dapet sponsor, produk gratis, famous, dan semacamnya). Tapi aku juga setuju sama fifi kalo blog berkualitas itu relatif, dan bukannya dengan blog kita bisa ekspresif menulis dan membuat tulisan itu seperti apa yang kita mau?seperti kata Arum juga, selama gak menyinggung SARA...

    Soal foto, aku rasa siapa sih blogger yang gak kepengen punya gambar bagus & jelas di tulisannya.. aku rasa semua blogger juga mau, tapi balik lagi.. gak semua blogger memiliki kamera dan skill mengambil foto yang memadai (termasuk saya).. tapi karena saya sangat ingin berbagi dan memberi informasi tentang yang saya tau + punya di dunia perlenongan .. memberanikan dirilah saya membuat tulisan yang (siapa tau) bisa membantu mereka yang membutuhkan informasi dengan modal memaksimalkan yang saya punya (saya juga pakai kamera HP yang burem2 di awal2 menulis blog, karena memang cuma punya itu dan saking ngebetnya pingin sharing), tapi seiring berjalannya waktu,pastinya saya juga berusaha membuat foto itu semaksimal mungkin buat enak dilihat ...


    terus..terus... yang juga menendang di aku (ikut2an pakai kata nendang..hahaha) di point 1: `be real`. Jujur kalo semua foto di blog ku itu hasil editan +di take pake soft focus.. tapi aku selalu bilang di banyak post&komen kalo wajahku itu penuh imperfection, bekas jerawat, big pores, etc.. jadi aku pasti edit pakai soft focus, kenapa?point nya bukan karena aku ingin tampil `fake` dan gak pede dengan wajah apa adanya,atau ingin mereka yang membaca blog-ku memuji betapa mulus dan cantiknya aku *hoeeeek* hahaha, tapi karena aku ingin readers ku itu nyaman melihat dan membaca review produk yag kuberi (termasuk pict waktu produknya kutempelkan di wajahku). ketika aku memberikan pict swatch blush di pipi ku, aku pingin nya mereka fokus melihat warna blush itu kalo di pipi, tanpa terganggu dengan pemadangan merah2 di muka ku...Jadi yang di dalam benak saya tujuannya adalah melihat produk nya, bukan melihat `saya` nya... Sebenernya bagi saya membuat blog itu adalah memberi informasi,dan yang paling membahagiakan adalah kalo ada yang bilang 'kak, kemaren aku coba produk A yang di review kakak, ternyata bagus ya.. makasih infonya kak'. sama sekali gak pernah terlintas kalo aku bakal famous atau rajin diundang2 ke beauty event. Jadi mungkin karena itulah aku gak kepikir kalo edit2 foto bakal bikin kecewa yang ngundang aku karena kenyataan tak semulus di foto.. hehe... btw kalo yang lain2 saya setujuuuh dengan kamu hanna....

    http://pinkyrose21.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mgkin akan lbh tepat klo ada kata2 "bagi blogger yg punya tujuan : dpt sponsor,di undang ke event..dll yg berhub dengan itu.." hahaaa.. Krna ga smua bertujuan ke sana kan ya.. Ada yg ga terpikir ada yg ga tertarik buat goal itu sama skali.. Dll..

      Delete
    2. Iyaaa mungkin perluu aku tambahin spt itu yaaa, maaf Kalo jadinya aku spt meng generalkan bloggers, Karena jujur Aja makin kesini justru pertanyaan yg aku dpat Dari blogger lain adalah Gimana caranya diundang me event atau dpt produk gratis.

      Soal foto, foto pake hp is okay, but kan aku cuma kasih saran Aja (sekali lagi ini Hanya saran) Aja untuk posting an Supaya lebih jelas at least semaksimal mungkin, dengan pencahayaan yang bail sehingga apa yang mau disampaikan bias dilihat Oleh readers. Misalnya yang kits share adalah make up, tapi foto ya sendiri ga nunjukin make up Nya dengan jelas lalu apa yang mau readers lihat? Moon maaf kalau Saran aku kurang berkenan, tapi ya seperti komen2 Diatas kalau ngeblog itu bebas make aku rasa aku pun bebas untuk menulis Saran Dan opini bukan ?


      Yang aku tekenin sih sebenernya Gini, Kalo memang tujuan kita sbg blogger itu membagii informasi, apa says Salah ngasih saran Gimana biar informasi yg mau disampaikan agar lebih jelas dengan memperbaiki foto Dan tulisan? Sekali lagi moon maaf ya Kalo Ada yg Salah hehehe

      Delete
    3. udah PD aja lg Han nulis apa pun. semuanya pny opini masing2 dan tidak seorang pun bisa menjudge certain opinions are wrong! kita jalanin aja blog masing2 dgn tujuan masing2. yg mau ngejar sponsor, event2 go ahead kejarlah smp tercapai, yg gak peduli itu sama sekali, nikmatilah blog masing2 dan yg terpenting menjalin hub friendship sesama bloggers biar lbh erat lagi. and i personally dont put that high hopes for those events,etc because my blog is personal blog that i really enjoy to sharing everything that i like in my life.

      BUT, these 2 latest posts are great to read and very inspirational! GO Hanna!

      Delete
    4. haha iya yo, well said! maxing-masing orang puny tujuan sendiri kali yah.. thankyou yoaanitaa! :*

      Delete
    5. oh iya Han, no 3 nya double hehe.

      Delete
  17. Wah seru nih, aku suka dengan postingan hana yang pertama maupun kedua.
    Tapi aku lebih suka kejujuran, karena kulihat mulai berkembang menjadi komersil.
    Im not a good blogger, but an nice reader.
    Setelah baca bisa membuat kita lebih semangat untuk blogging, especialy buat diri sendiri.

    ReplyDelete
  18. beneran bagus ini tips2nya :)
    thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  19. wow nice tips visit my blog

    http://aliceorionaaxelle.blogspot.com/

    ud ku follow ^^

    ReplyDelete
  20. sis, gue ngakak baca yg point pertama soal wajah sis yg kek Ibu tiri....secara hampir mirip ama nasib eke cynn.....2 tahun lalu gue masih 22 dikira 28...perawan tua ga laku2 krn pas itu gue ga punya pacar wkwkwkwkwkw....ada lagi cowok yg ngatain gue muka boros gara2 gue doyan dandan (dlu belom pinter dandannya awkakakakaka)

    btw, nice post banget, gue malah terpicu utk jadi beauty blogger yang lebih baek sis hohohohoho
    klo ada yg ngerasa tersinggung brati "yang melakukan" wkwkwkwkkwwk
    gue masih tergolong newbie di dunia blogging, terutama beauty blogging,mulai nulis beauty blogging baru januari tahun ini (beautysecret-nonapaula.blogspot.com klo sis berkenan mampir wkwkwkwk)

    btw lagi, makasih buat sharing tmpat spa di jakarta yah, gue lg nyari2 tempat spa yg bagus en lagi bujukin pacar buat anterin kesana hohohohoho (berdoa smoga dibayarin juga ma pacar tersayang **kepiting di balik fuyunghai**)

    thx a lot sis, nice post!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tos dulu lah sesama ibu tiri heheh.. iya yah sebenernya dandan itu kadang bikin muka terlihat tuwir, tapi hobi gimana lagi doong heheh...

      syukurlah kalo ada yang malah jadi kepicu sama tulisan gue *nangis terharu* hahah.. sipp nanti aku mampir yaa :)

      Delete
  21. Nice discussion Girls, @Fifi, @Rani, @Catra, @Hana well done girl!

    I see both side, bukan mau cari aman. Tapi before we comment on something, put your shoes on the other people side. Standar yang kuantitatif dari segi company memang followers, dan bukan content dari blog. Tapi ada juga company yang aware dengan content, which is masih jarang beuth di Endonesa tercinta ini.

    Intinya, semua orang yang sudah memposting di dunia maya sebenarnya "butuh pengakuan", kalau memang gak pengen tulisannya di baca orang, ya tulis aja di diary LOL. Mau itu sekedar hobby, atau pengen nolong orang lain dengan berharap semoga post gue berguna buat orang lain, tetep aja kan kita pengennya postingan kita dibaca.

    Despite the other point, ada beberapa point yang tidak bisa dipungkiri disampaikan dengan bagus oleh Hana.

    Dan harap dicatat, semua hal yang berhubungan dengan IBB tidak akan dipost secara personal oleh staff di blog pribadi, akan disampaikan langsung kepada member dari FB Page resmi :)
    Staff IBB tidak pernah mengkotak-kotakkan bloggers, karena itu seleksi alam LOL
    Yang bener-bener niat ngblog akan terlihat kok, dan yang cuma pengen nebeng tenar juga banyak. Yang gak beretiket juga banyak, udah diundang event, gak datang dan gak konfirmasi that's just... ah sudahlah!

    Attitude juga penting, gak hanya di dunia blogging doank, di dunia nyata juga loh. Lah curcol gue wkwkwk... our goal is supaya label-label itu lepas. Who are we to labelled people. We can only encourage people to be a better person, not judge right?

    ReplyDelete
    Replies
    1. stujaaah... not judging lah. Dan sekali lagi ini hanya tips, dibaca ya monggo, dipikirin ya gapapa, ga dibaca juga ga dosa heheh

      Delete
  22. Aww... Hannaa....!!! *cekikikan guling2 ngebayangin ekspresi lo ngomong ini langsung XD

    Bingung gw mu komen apa, udah lengkap semua kayanya komennya.

    Bloggers itu special karena personal, so readers juga ngerasa lebih deket & percaya sama opininya. Jadi sepakat banget kalo kita musti jujur seperti kata hanna. Untuk yang dianggep "manis2", ya balik lagi kan itu juga opini. Siapa tau emang produk itu bener2 cocok & bagus banget di si blogger A, tapi di si B ngga. Jadi ya sering blogwalking juga bagus buat nyari opini2 yg berbeda.

    Diundang ke event2 & follower nambah mah nilai plus aja. Gw juga followernya segitu2 aja tapi karna gw suka banget ngeblog jadi ya bakalan terus ngeblog, no matter what.. dan yang penting tetep jadi diri sendiri & jaga sikap ^^

    Yuk ah jeng2, ditunggu postingan barunya yaa.... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah jangan dibayangin ah ntar naksir lhoo hehe.. iyah follower gw juga sgitu2 aja kok.. jadi maksud gw kalo pun kita tetep ngeblog bukan untuk cari ketenaran atau ada tujuan apapun, toh buktinya kita jg tetep ngeblog dri dulu sejak jauh sebelum ada heboh beauty blogger kan car..

      Delete
  23. haha... mbak Hanna makasih banget ya tipsnya berguna banget buat aku yang newbie ini :3

    sekalian "pake cara orang marketing" nih, main ke blog aku juga ya... yah meskipun masih blong~ postnya masih dikit soalnya baru memulai xD http://beautydoodle.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. hahahahaha .. ngakkak abis baca bagian "Orang Indonesia cendenrung googling apa yang dibutuhinnya, trus walopun nyampenya jadi ke blog orang, tapi selesai baca ya udah, Kalo mau baca postingannya lagi ya tinggal cari nama blognya di google."
    walopun gw sendiri ngeblog, lebih suka baca postingan lewat bb jadi ribet follownya, cuma baca, suka, inget2 nama blognya, besok2 mampir kalo senggang *LOL

    http://sweetvanillascent.blogspot.com ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah sama bangettt, sebenernya gw juga lebih sering buka blog orang dr bb kalo lg nganggur..

      Delete
  25. Nice posting. Keep writing these kind of posts. I heard somewhere that if you want to be famous, create controversy. If you want to be well known, be provocative, create reactions.

    I believe if you do that, you'll become famous and more famous and more famous. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah aduuh kalau mau terkenal mah ngapain susah2 ngereview dan bikin beauty blog? bikin aja blog tentang gosip, kalau perlu sebar foto2 "panas". Wahai anda yang ga berani menyebut nama asli, alangkah dangkal nya analisis anda ini.. :)

      Delete
  26. Aku jadi terinspirasi lho untuk bikin beauty blog gara2 posting ini mbak hehehe.
    Akhirnya setelah hampir setahun jd banci lenong dan mabok keracunan FD, aku bikin beauty blog. Makasih ya postnya bagus dan inspiring!

    glittersandmirror.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga awalnya dari FD dulu baru bikin blog, emang FD tuh racuuuun! hehe.. semangat ngeblognya yaa!

      Delete
  27. Selama ini gue cuman secret-reader di blog ini. Gak nge-follow. Tapi kalo nyari review, buru-buru ke sini dulu. :D <-- ketauan banget dah malesnya gue!

    Tapi gue setuju pendapat lo tentang blogger yang "terlalu manis". Buat orang yang baru aja mau berkecimpung (eaaa...) di dunia perdandanan macem gue, tulisan terlalu manis kayak gitu malah bikin bingung. Ini kok produk bagus aja gitu review-nya. Gak ada satu pun kekurangannya. Kan aneh. Pernah juga gue keracunan review kayak gitu dan baru menyadari kalau produk yang di-review di blog itu gak sebagus reviewnya. Mungkin masalah kecocokan sama kulit juga kali ya. Tapi gue yakin kayaknya review yang gue baca (dan gue karacunan itu) terlalu manis. Akhirnya yaaa ... sekarang gue kalo nyari review gak cuman atu, dua, atau tiga. Kalo perlu nanya-nanya sama orang yang udah pernah make.

    Salam kenal. Ditunggu review produk lokalnya ya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi octa, makasih udah mampir yaaaa :D iya kalo mau nyari review emang baeknya mah lebih dari satu review dan disesuai sama jenis kulit ato warna kulit sih yaaa, kalo dari bule-bule kan suka beda gitu sama kulit indo hehe

      Delete
  28. Nice post sis!
    post nya sis ini memotivasi aku buat ngepost lbh baik lagi..
    mohon saran nya yg lain juga ya lain kali :p

    ReplyDelete
  29. Nice post! haha ketampar banget sama post ini, sadar diri masih banyak salah T_T haha you inspire me too much to blog kak :))

    ReplyDelete
  30. wow sist hanna... really like this post! anyway, aku suka kamu balesin kebanyakan yg comment di blog kamu... ga kayak fashion blogger lain yang no comment ketika ada fans2 di bawahnya posting dan komentarin isi post nya. Well, happy to see you :) Awalnya aku cuma cari review kosmetik trus nemu blog kamu.
    Trus review produk ya, supaya kita ga rugi beli2 produk yg ternyata kurang cocok ama wajah. hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp, semoga bisa terus rajin posting yaaah hhihihi makasi udah mampiiiirrr

      Delete
  31. Tipsnya beruna banget nih. kebetulan lagi mau coba review2 produk jg. sekedar buat bisa bagi2 ilmu dari pengalaman pribadi. suka banget gaya bahasa kamu, ringan, friendly bgt. keep posting ya Han. :)

    ReplyDelete
  32. halo ibu tiri salam kenal :) terimakasih ilmunyaa *noted* .

    dari semua komentar diatas, cuma mau nambahin aja "tujuan lo apa jadi beauty blogger?" nah kalo sudah punya alesannya, tinggal disesuaikan aja kali yah.. semakin bertujuan untuk sukses versi Hana, berarti harus peofesional ngeblognya.. tapi kalo hanya untuk hobi atau memenuhi pasion karena suka dendong dan hanya ingin share apa yg kita tau, apa yg kita pake.. menurut gw gak ada aturannya.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya sih gw stujuuu

      cuma gw hanya berpikir alangkah lebih baiknya kalo niat sharing itu tersampaikan dengan tulisan dan foto yang baik, hehe..

      Delete
  33. setuju banget sama jurus2nya, tapi kayaknya bisa diimplementasikan ndak cuma ke beauty blog aja kan? secara gw paling ndak bsa review produk dan lebih seneng jg pembaca dan pemirsa yang baik saja..but aniwei btw..its really not easy being a blogger either beauty or what ever blogger..and to be honest im still learning up until today.

    *mo curhat aja musti mikir..hadeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang ga gampaaang siy, tapi namanya aja hobi, ya dibawa fun aja. tapi fun bukan berarti ga ngembangin hobi kan? justru akan jadi nyenegin banget kalo hasil dari hobi itu bisa dihargain orang, ya ga? hehhe

      Delete
  34. Hi Hanna Ive been waiting for your updates. But theres none since this post. Please dont be discouraged by disapproving opinions on this post. Continue blogging! I love reading your blog. Keep your head up Hanna!

    ReplyDelete
    Replies
    1. souuurrry for no updates, bukannya ngilang, cuma emang lagi *sok* sibuk aja heheh.. im back!

      Delete
  35. keren kak sarannya :D sebagai new blogger pembelajaran banget!

    ReplyDelete
  36. ahahaha, saya sukaak sama post ini :p
    nice post!!!! (ini tulus, suer deh)

    rada geli liat foto internet=fake itu.
    i agree. jangan terlalu banyak ngedit! percuma ngedit sampe mukanya licin tapi aslinya oh no no. be honest dan hargai diri apa adanya.
    i followed you blog :D :D

    www.mimoyoja.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. Setuju!!!! gw suka mabok kalo baca blog yg isinya, kok sempurna amat yah..kayak baca press release. Bosen.com. Tapi gw penasaran, sapa yg bilang artikel lu kelewat tajem en banyak yg ga suka? that's the fact, like it or not!

    Aku tetep cintah blog mu Han!

    ReplyDelete
  38. halo hanna salam kenal yaa ..
    yup bener banget kadang orang endonesah ga ngerti cara nge follow.. cukup gugling dpt n ga balik2 lagi..
    anw ak dah baca blogmu bbrapa bulan lalu .... 'GATAU CARA SUBSCRIBE ;p pas mo mampir lagi lupa alamatnya :p
    aku dah ngeblog dari 2004 tapi moody banget ..
    skarang baru bikin blog lagi di http://defiorebybungamaya.blogspot.com
    pingin jadi beauty blogger secara demen banget mekap !!
    huhu tapi masih bingung mulai darimana :D ada saran?

    http://defiorebybungamaya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mulai ngeblog sebenernya gampang si, gratakin aja make up2 di rumah dan direview hehhe

      Delete
  39. Artikelnya menarik mbak....Salam kenal ya mbak...http://n1nt1.blogspot.com/

    ReplyDelete
  40. Haloo salam kenal hanna..
    Bahkan banyak yang ga tau gimana cara follow blog dan subscribe<<<<<< dikutip dari blog hanna.. Ini aku setuju banget karena aku termasuk salah satunya yang g tau cara nge follow...
    Ada beberapa beauty blog yang menurut aku cukup menarik untuk difollow tapi karena g tau caranya terakhir aku bookmark az blognya n baca kapanpun aku sempat.. :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. For me, number is just a number, yang penting orang lain bisa ngambil manfaat dari tulisan kita heheh..

      Delete
  41. Ini tips2 nya seru bangettt buat dibacaaaa :D Thank you~
    Walaupun telat tapi yang penting tetep dapet ilmunya kekekee.
    Emang bener nih harus share foto yang real, jangan fake bangett. Tapi kadang tuh suka ga pedeeeee kalo harus mampang muka yang ancur begini :(

    Bella / http://everythingaboutbella.blogspot.com/

    ReplyDelete
  42. Setuju ka hanna .. apalagi di ig rata2 orang yang di endorse malah jadi ga real dlam menilai produk ya .hhi ..jadi buat aku yg masih pemula malah jadi bingung krna pnilaian yg bagus smua haha..

    ReplyDelete