Jun 22, 2013

Mommies Talk : ASI ku cukup ga ya?

Ada yang lagi menyusui disiniiiii? hehehe...
Gw yakin ga banyak ya, secara rata-rata pada mampir kesini buat info beauty, bukan info menyusui.  Lagipula gw juga bukan sarjana ilmu susu-menyusui kok hihi.  So kenapa gw pengen nulis tentang pengalaman gw nyusuin? Basically pengen berbagi pengalaman aja alias curhat.  Tenang aja isi tulisan ini bukan tentang hal-hal berbau science atau pesan-pesan dari puskesmas terdekat.  Halah, daripada gw mulai ga jelas lebih baek gw mulai aja yah...

Jadi seperti yang beberapa dari kalian tau, gw baru aja 3 bulanan melahirkan bayi lucu nan mungil.  Sekarang ini gw sedang menyusui si bayi kecil ini.  Dari awal di rumah sakit alhamdulillah ASI gw lancar selancar jalanan pulo gadung... jam 2 pagi.  Sampe-sampe payudara gw sempet bengkak sekeras batu sampai gw hampir demam dan nangis karena sakit.  Minggu pertama menyusui pun ga jarang asi gw netes-netes, bahkan breast pad kadang ga nampung.  Satu minggu setelah lahiran, suami gw harus balik ke habitat asalnya nun jauh disono sehingga tinggalah gw sendiri meratapi nasib yang malang ini.  Sepertinya stress dan melow ditinggal misua ini berdampak pada asi gw, setelah 3-4 minggu menyusui tampak asi gw mulai berkurang.  Hingga sekarang pun asi gw ga pernah sebanyak dulu walaupun berbagai suplemen gw telen sampe mual. 

Gw selalu berusaha positif ting ting dan mensugesti diri gw (yang cantik ini) kalau asi gw cukup kok buat bayi gw.  Tapi emak gw yang melihat produksi pompaan asi gw berkurang jadi ikut kepikiran.  Mulailah saat anak gw rewel nyokap nyeletuk "asinya kurang kali".  Dan jujur walau awalnya gw mengacuhkan omongan itu lama-lama jadi kepikiran : "apa iya ya asi gw kurang?".   Apalgi ketika waktunya bayi gw kontrol ke dokter, dokter gw bilang berat badan anak gw rata-rata, belum maksimal banget.  Makin lah nyokap gw sering nyeletuk soal asi kurang.  Kalau gw lagi nyusuin tapi si bayi tetep umek nangis, nyokap gw bilang "ga keluar kali ya asinya".  Ibu mana yang ga stres sih diceletukin gitu terus?



Sampai ketika gw pulang dari perjalanan 2 minggu ke gorontalo ngunjungin suami gw, nyokap ngeliat anak gw kurusan.  Mulailah gw diberondong lagi dengan "asi kurang".  Tiap anak gw nangis gw disuruh nyusuin.  Lah gw kan tau anak gw kapan aus, kapan bosan atau hanya sekedar pengen digendong aja.  Gw tunjukin sendiri ke nyokap bahwa anak gw itu kalo ga aus jadi ngempeng main-main aja mimiknya. 

Dari bacaan yang gw baca, kalau anak nangis itu lebih baik didengerin dulu tangisannya dan diajak bicara, ga langsung dijejelin asi.  Why? karena tangisan itu bentuk komunikasi anak.  Langsung jejelin asi tanpa kita berkomunikasi atau menjawab upaya komunikasi si bayi sama aja kayak meredam upayanya.  Jadi kalau anak gw nangis biasanya akan gw gendong dulu, gw ajak ngomong dan main.  Eh rupanya orang tua gw malah bilang gw malas nyusuin.  Haduuuh pengen nangis bin ngamuk rasanya.  Masa iya gw sengaja atau pengen anak gw kurus?

Gw tau maksud mereka pastinya baik,  pengen yang terbaik buat cucunya.  Tapi jangan lupa, justru ibunya lah yang paliiiiing pengen yang terbaik untuk anaknya kan.  Denger sugesti negatif gitu bakal bikin gw makin down, sedih dan malah produksi asi gw kurang.  Mau ngejawab juga ga pantes ya dan malas juga berdebat.  Jadinya ya gw diem aja.  Solusinya? walaopun susah banget, upayakan ga terpengaruh atau tersulut emosi.  Memang susah! gw aja juga masih susah untuk ga dengerin sugesti negatif macem itu.  Terus tanamkan dan bilang pada diri sendiri kalau asi ku cukup, asi ku lancar.  Terus makan sayur banyak minum dan kalau perlu minum suplemen daun katuk dan lainnya buat booster.  Coba ilangin rasa dongkol dan takut dijudge.  Konsultasi ke dokter anak kita tentang asi. 

Ga usah takut dibilang dan digosipin macem-macem karena yang paling tau anak kita ya ibunya.  Anak gw kalo mimik dari dulu cuma sebentar-sebentar, 10 menit selesai.  Belum lagi bibirnya kecil dan males mangap sehingga susah bener dulu gw nyusuinnya.  Dulu gw ngerasa sempat dijugde kalau gw yang dianggap salah posisi nyusuin, capek nyusuin sehingga anak belum selesai mimik udah gw cabut.  Tapi coba positif thinking aja, ga usah mikirin omongan orang.  Tetep konsen ke "yang paling paham anak gw ya gw sendiri".  Tapi lantas jangan malah ga mau nerima saran dan info dari orang lain ya.  Tetep rajin baca dan kumpulin info tentang menyusui dan asi.

Nah mudah-mudahan sharing ini ngebantu ya, kalau pun ga ngebantu yang penting gw selesai curhatnya ahahah.. dan bagi para ibu menyusui : CEMUNGUUUDDDHH!!!

anyway jangan lupa vote gw yah for LANEIGE blogger ambassador disini

28 comments:

  1. hihiii.. iya pasti gitu lah ya eyang2 ke cucunyaa.. tetep semangat menyusui yaaa!!
    aq lg hamil dan semangat bget mo nyusuin baby ku besok.. pikiran positif jg penting bget ut produksi ASI kan..? so pokoknya semangaaaaat.....!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah smoga lancar2 yaaa... pesen ku jangan panik klo 1 2 hari awal asi ga kluar. bayi masih punya cadangan makanan kok untuk 2 hari pasca lahir. Semangat yaaa

      Delete
  2. Iyaaa.. Dlu akuuu gtu juga.. Sampe akhirnya anakku dikasih sufor n pisang.. Smoga ntr klo dikasih rezeki anak lg.. Bisa asi eksklusif... Semangaaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah sayang banget yaaa dikasi sufor... pasti selanjutnya bisaaaa

      Delete
  3. Hehe, same here mbak Hanna, aku juga sering di celetukin "asi nya gak keluar kali?" "asi nya ga bagus kali ya? dia minta nete terus gak kenyang2" -___-' heheh untungnya aku orangnya tebel kuping, anak ku sehat dan gendut banget waktu baby, skrg masih asi (baby ku udah 9 bulan) belum campur susu apapu selain asi, sabar sabar ya mbakkk sm ibu / mertuaaa, mereka cuma cemas aja sm cucunya hihii :D tetap semangat kasih asi!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebaaaattt... hihi iyaaa makasi ya sasyaaaa... tapi kmu uda kuyus banget siiihhh... siriikk

      Delete
    2. hahaha blm kuyus bgt mbak, aku masih 49 stuck gak turun2 (untungnya makan banyak gak naik2) T_T berat aku dulu 42kg hahahaha :)) eh iya mbak, minum susu kedelei namanya mama soya itu bagus untuk ibu menyusui, dijual online kok :)

      Delete
    3. Haaaa itu mah uda kurus bangeettt... aku masi nyisa 12 kilos! Hiikkssss.... sering denger deh mama soya, boleh jg dicoba hehe... eh jangan panggil mba atuuuhhh, baru 24 taun niiy hahaha... anyway aku follow ig mu yaaa, seneng liat yg cantik2 hehe...

      Delete
  4. salam kenal ya ^^

    jadi kepikiran juga ni soal asi :(
    makanya dari sekarang uda bertekad di kehamilan bulan ke 8 mau ikut klinik laktasi
    dan semoga mertua ga bawelin gue soal asi atau urus anak, soalnya gue paling ga tahan dinyinyirin, disindir ato dibawelin, langsung pengaruh ke mood dan hati dan pikiran
    bisa-bisa asi seret hikssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah jangan kepikiran dr skaraaaanggg... santaai ajaa... kalo tipe yg gampang kepikiran rajin2 follow account2 yg support asi deh buat booster

      Delete
  5. smangat menyusui ya kak!!
    aku blm menikah bingung juga mau coment apa...aku cuma gemes bgt sm aleya si chubby dut dam-dam *halaahh..
    hahaha....

    ReplyDelete
  6. Hanna..dikau termasuk baik dan sopan yah dan nahan itu semua sendiri ga pake ngejawab ato debat! kalo gw, ada yg mulut slonong boy siapapun itu, termasuk nyokap, tante ato temen deket gw sendiripun..pasti tanpa ragu, gw akan..menjawab balik se slonong boy jalanan pulo gadung lu jam 2 pagi itu..*aku salut padamu*

    Dikau cemangad cemangad yah!!! biar nanti aku berguru padamu soon!!
    *sini peluk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaah gimana ya el, habis gw kan orangnya lembut dan penyabar hahahahah

      Delete
  7. Insyaallah minggu depan aku baru mau lahiran, jadi deg degan bisa ngasih Asi yang banyak apa nggak yah ? Pengalaman temenku juga gitu rata-rata 2-3 bulan asi udah berkurang malah ada yang udah stop total. Jadi ngeri >.<

    Tapi tetep semangat sih, pasti bisalaahh nyusuin anak sendiri. Masa ga bisa sih, hihiiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipikiriiin, ntar malah kesugesti looh.. konsen aja dulu melahirkan hehhe.. good luck yaa!

      Delete
  8. jadi sedih baca postinganmu Hanna, Ming xia cuman kebagian ASI 3 bulan kurang huhuhuuuuu
    Untungnya Ming xia ndut dan sehat :p walaupun jadi anak sapi hahahaaa
    Semangat Hannaaaaa, demi c gembil *cubit aleya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sedih donk win... jadi ikut sedih ....gpp lah win... at least uda kbagian asi 3 bulan...yang penting sehat selalu ya ming xia... *usap2 ming xia*

      Delete
  9. semangat hanna! sampe skrg puji Tuhan Baby E masih ASI hihihihi :D perjuangan memang sangat berattttssss mau berjuang biar bisa S2 ASIX :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiih hebat banget muiiii... padahal dirimu kurus banget yaaa hihi

      Delete
  10. I feel you haaan.. Jadi ingat masa-masa itu. Alhamdulillah anakku sekarang udah mau 2 tahun dan masih ASI. Emang kadang-kadang kita perlu dikelilingi dengan orang yang mensupport ASI dan tidak menjudge!! Beneran loh, selentingan-selentingan komen negatif itu gampang bener masukknyaaaa.. Jadi waktu itu aku coba cuek aja, dan saranku... cari DSA yang support ASI dan nggak main target berat badan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah dsa aku suka cemberut gitu kalo berat badan si baby kuraaang hehe.. langsung deh jadi kepikiran... waah hebat banget mbaa bisa sampe 2 taun

      Delete
  11. Hi hanna..
    Qt sama nih lg nyusuin baby, trus problem nyokap yg slalu bawel nyuruh nyusuin tiap baby nangis jg samaa hahah..
    Yg sabar yak, aku pas lg nyusuin iseng brosing trus nemu blogmu eeh pas baca post yg ini smp ktwa sndri soalnya ngalamin jg hal ky km >_<
    Mlh nyokap aku lbi nyebelin lg, dia ga prnh ngrasain nyusuin tp bawel bgt ngasi tau ini itu yg mnrt aku blom tntu bnr ttg nyusuin baby. Tp yakin deh qt cape nyusuin ntr manfaatnya gde bgt bwt babynya, yg psti jd pinter n ga gmpg skid ^^
    So.. Tetep asii yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh ternyata emang banyak yang ngalamin hal yang serupaaa hihi.. iyaa positif thingking aja yah maybe nyokap cuma pengen yang terbaik buat cucunyaa.. kita yang harus tetep semangat yaaa!

      Delete