Oct 5, 2013

Personal life : Why hijab?

Halooo beautiees...

Kali ini gw mau sharing soal personal life gw yaaa.. 
Pasti kamu udah banyak yang nyadar kan kalo sekarang gw berjilbab, kalo kata anak muda sekarang sih berhijab hehe... Setelah 2 tahun lebih maju mundur galau akhirnya bulan puasa ini tahun 2013 gw memutuskan udah waktunya gw nutup aurat dan lebih dekat ke Allah.  Thanks to account-account inspiratif di twitter dan instagram.  Kenapa kok baru sekarang? yah seperti banyak alasan ga masuk akal lainnya sih hehe, yang belum siap lah, takut jelek, atau malas ribet dan panas.  Padahal gw udah sejak 2 tahun lalu beli jilbab, sayangnya jilbab itu masih terbungkus rapi aja di laci kamar gw.  Belum tersentuh sebelumnya.  Alasan lain gw kemarin belum pake jilba karena... uhm okay, karena gw ga mau dibilang pake jilbab karena trend.  Pasti kalian tau dong kalo beberapa tahun belakangan ini lagi marak hijabers, komunitas perempuan berjilbab mendadak menjamur, online shop dan butik busana muslim juga mendadak jadi happening.  Bukannya apa-apa.  Gw pengennya gw berjilbab dari dalam hati, bukan karena fashion trus nantinya malah gw pengen buka jilbab lagi setelah masanya lewat.  I know mungkin ini alasan yang salah menurut sebagian, eh kebanyakan orang.  Mungkin ada yang bilang ga masalah soal fashion or anything lah.  But i just want to make myself sure sebelum gw melompat ke chapter baru hidup gw.  Selain itu gw bener-bener pengennya berjilbab secara syari, menutup dada, no turban dan celana.  Sekarang? masih jauuuh bangeett.. rambut gw masih suka acakadul keluar-keluar karena basiccly gw orangnya ga rapih alias berantakan.  Kaos kaki juga masih jarang pakai, Ah masi banyak banget deh kurangnya.  

Tanpa bermaksud menyinggung orang lain, gw suka keberatan juga kalo liat trend jaman sekarang orang cenderung ga mau dikritik gaya berjilbabnya dan bilang itu proses.  Yes hidup itu proses tapi yang namanya proses itu ada PROGRESS nya, ga cuma stuck di satu titik dan merasa puas.  Apalagi berdalih "yang penting gw udah nutup aurat, dibandingin yang ga berjilbab".  Gw tertohok banget sama account-account dakwah yang suka share soal ini.  Tadinya gw juga ga tau apa-apa soal hijab dan agama.  Gw masih aja nyaman dengan diri gw sebelumnya.  Menutup aurat itu ternyata ada aturannya, ga lantas cuma memakai selembar kain yang dililitkan di kepala kita aja trus udah bisa dibilang nutup aurat.  Katanya sih ya itu sama aja berpakaian tapi telanjang, ga ada artinya di mata Allah.  Malu sebenernya sih gw ngomong gini, secara gw masih banyak kurangnya, masi belajar juga, masi proses (yang insyaallah akan terus berprogress, mohon doanya).  Come on ini bukan jamannya "urusin aja urusan lo" ato "emang lo udah suci?" ato "ya suka-suka gw, dosa-dosa gw".  Apalagi yang ketika ditegur membalas dengan sepatah hadist tanpa melihat keseluruhan.   I dont want to be like that. Bukan mau sok suci sok alim. Gw mau ketika gw berjilbab dan berubah demi kebaikan, gw akan bisa mendengar kritik dan berbesar hati.. Please noted kalo ini juga susaaaah banget untuk gw.  Karena gw orangnya ga suka banget dikritik.  Gw berusaha mikir semakin gw diingetin dan mau menerima kritik positif maka gw juga bakal lebih dekat ke surga. Makanya ketika gw berjilbab gw pengen mempersiapkan diri dan hati gw, karena gw tau kalo gw berjilbab memang sadar ga sadar orang akan otomatis menilai gw dan menganggap gw harusnya lebih alim dari yang ga berjilbab.  Apalagi di situasi jaman sekarang dimana masyarakat sedang kritis banget tentang jilbab syari (yang menurut gw bagus banget untuk cambuk gw sendiri untuk ngingetin gw kalo gw salah).

Jadi, gw akan berterima kasih dengan kritik kalian.  Ingetin gw kalo cara berjilbab gw salah, tegur gw kalo gw berperilaku salah.  Insyaaallah gw bisa menerima dan akan berpahala juga bagi kalian yang ngingetin gw.  Cieeelaaah jadi serius dan dewasa gini gw huahahaha...  pokoknya jangan segan-segan email gw langsung kalo ada yang kurang berkenan ya guys

Ada beberapa point nih yang harus gw capai untuk selangkah lebih dekat ke surga, sengaja gw tulis disini supaya kalian bisa langsung kritik dan marahin gw kalo gw ngelanggar point ini.  Masih proses memang, ga bisa instan, tapi gw mohon doanya ya :)

- no cabut alis, haram
- pake kaus kaki, karena punggung kaki masih termasuk aurat
- jilbab menutup dada
- hindari pake celana
- ga pake baju terawang dan ketat
- jilbab ga transparant

Mudah-mudahan dalam waktu dekat gw bisa penuhin point diatas, baru gw naik ke level selanjutnya yaitu gamis yang ga berpotongan. 

Oiya untuk menandai dimulainya gw yang baru, Ciyeeeh brand new me nih kalo bahasa jawanya hueuhehehee... maka gw merubah domain gw menjadi www.beautyinveil.com



terimakasih ya untuk kalian semua yang udah dukung gw dan terus baca blog ini dari awal hingga hari ini, juga untuk kalian yang baru baca.   Insyaallah gw pengen bikin giveaway kalo udah ga terlalu repot, itung-itung selametan domain baru n 500 follower huahaha..

yah sekian dulu postingan curhat ngalor ngidul kali ini, see you!

Salam
Hanna anindhita





16 comments:

  1. salut deh sama mba hanna baru awal berhijab udah berkomitmen pakai kaos kaki, pakai baju yang gak ketat, dsb, aku udh pakai hijab dari SMP tapi ya proses buat kesitu lama banget nih :P, baru memutuskan gak pakai celana lagi sekitar 2 th yg lalu, dan itu awalnya berat banget,hihi
    Good luck ya mba, smg selalu dijaga hidayahnya sm Allah,
    pengen share juga pengalaman aku berhijab http://ofisuredii.blogspot.com/2011/10/busana-muslimah-syari.html :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum berkomitmen ish tepatnya, tapi masi mencoba komit hihi.. wah tapi ya udah bagus bgt kamu udah berhijab dari smp, aku malah baru sekarang sadarnya hehe.. amin amiiiin

      Delete
  2. han, selamat menikmati belanja baju baruuu

    hahaha.. pembenaran banget tuh belanja baju banyak demi penampilan baru. salut deh udah pakai dress terus
    gw masih susah kalau lagi ke lapangan soalnya, yg ada jadi digodain tukang bangunan #sigh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iyaaa banget, gw minta duit muluk sama suami. dia protes gw belanja terus, gw jawab : katanya mau aku pake jilbab? huehehe... udah belanja banyak aja masiiih tetep kurang, tetep nyolongin jilbab emak gw..

      Delete
  3. Huwaaaaaaa liat postingan ini jadi terharuu T.T aku juga mulai berhijab syari gara-gara "kegampar" sana-sini. Sebelumnya aku pake jilbab tapi menyalahi aturan, fungsi, dan tujuan jilbab itu sendiri (ini pengalamanku, ga maksud nyindir siapa-siapa ^^;). Setelah baca-baca buku dll, akhirnya mantap buat perbaikin jilbab yg aku pake sehari-hari.

    Awalnya aku gabiasa pake gamis, jilbab lebar, plus kaos kaki... tapi sekarang (gatau kenapa) malah cemas dan deg-degan kalo keluar rumah pake celana jeans dan/atau tanpa kaos kaki. Padahal kalo inget aku yg dulu, astaghfirullah :)) jomplang bgt sama sekarang hahahaha

    Aku setuju banget dengan statement "proses mesti ada progres" :D hehehe itu dalih yg dulu sering aku pake. Pada kenyataannya, kadang hidayah itu bukan hanya ditunggu, tapi dikejar. "Selama nunggu hidayah, emang udah ngapain aja?" ---> kata-kata ini aku liat di instagram hehehe, jlebb buat aku. Laaaah, aku malah curcol hihi maap yaaa T.T

    Nice posting :"""" semangaaaat Hanna, semoga istiqomah jadi muslimah yg lebih baik, amin amin amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa emang hidayah musti banget dikejar, semakin banyak ilmu semakin besar tanggung jawabnya. samaaa aku juga kegampar ketonjok kelindes banget hehehe.. tapi positifnya yaitu, jadi selalu keinget neraka hehe.. amin amiiin doain istiqomah yaaa, baru sebulan nih berjilbab hehe

      Delete
  4. kadang yang agak susah buatku itu point gak pakai celana, kadang aku masih suka pakai celana jeans :(
    mudah2an aku kedepannya bisa lebih sempurna menutup auratnya :)
    nice post sist :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sih kadang lagi bingung pake baju apa pasti ujung2ny mikir jeans aja hehe.. yuk sama2 doain yaaaaa

      Delete
  5. hehehee, bagus banget tulisannya.. Jadi makin semangat koleksi jilbab (baru tahap kolektor jilbab, bajunyasama makenya belom wkwk) aku juga pengen berjilbab, tapi tapi tapii... sejujurnya kadang masih pengen make baju-baju stylish trendy. Sekarang sih masih tahap make baju sopan, belom tertutup hehehe.

    Oia, di kampus ku aku pernah liat cewe berjilbab tapi jilbabnya transparan dan ga make daleman jilbab. Udah gitu make celana jeans ketat sama kemeja pendek, jadi *so sorry* bottomnya ngejeplak banget. Niat apa kaga aku ga tau deh tuh hehehe

    tapi kayaknye berat yaahh ninggalin celana. apalagi aku addicted banget sama jeans >.< Boleh ga sih kak make celana tapi longgar ?
    Giveawaynya dipercepat dong, ga sabar mau join nih. heheheee :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa aku juga pelan2 koook, nanti pasti malu sendiri liat jilbab yang udah dibeli numpuk gitu aja heheh.. aku udah numpuk jilbab hampir 2 taun hehe.. trus kalo mau beli baju dulu mikirnya yang lengan panjang deh biar bisa dipake kalo udah jilbaban. ;)

      kalo yang sempurna sih ga boleh pake celana syg.. tapi aku jg kadang masi pake, usahain atasannya nutup paha paling enggak ya.. ;)

      Delete
  6. berani banget kakaaaaaaaaa kereeeeeeeeeen :********* mudah"an istiqomah yaa kaaa.oh iya satu lagi (hehe) pergelangan tangan juga aurat ka ;) sama seperti punggung kaki.jadi hati" kalo mau gulung tangan baju yaa kaka solehah (sama sama belajar) #cup

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu diaa.. kalo berasa ribet pasti suka otomatis gulung lengan.. ;( saling mendoakan yaaa

      Delete
  7. alhamdulillah seneng baca post ini ;)

    ReplyDelete
  8. alhammdulillah..barokalloh sist :)

    ReplyDelete