Dec 31, 2012

Beauty Talk : Can you live without make up?

Akhir-akhir ini kalo pas nganggur gw banyak ngabisin waktu dengan youtube-ing liat tutorial makeup dari berbagai channel.  Saking ga ada kerjaannya gw kadang bacain komennya satu-satu.  Dan kadang ada beberapa komen yang menggelitik gw.  Yaitu banyaknya anggapan bahwa wanita yang bermakeup itu adalah yang insecure, ga pede sama penampilannya dan ga menerima diri apa adanya.  Huuuuaaaaaaa, segitunya kah anggepan beberapa orang?  Hmmm di Indonesia emang sih yang namanya cewek bermakeup kadang di cap lebay, ga memungkiri gw juga kadang suka gatel komentar kalo liat cewek dandanannya ga appropiate, ga sesuai situasi dan kondisi (namanya juga manusiaaaaa ;p).  Beberapa temen juga suka ngobrolin soal cewek-cewek yang ga bisa idup tanpa mekap, sampe kami berandai-andai gimana kalo pas pacaran ini cewek selalu full makeup dan pas bangun pagi abis malem pertama suaminya ngeliat "wajah asli" si perempuan? hadeeh maafkan keliaran imajinasi gw dan temen-temen gw ya :). Untungnya pas gw mulai pacaran sama si hubby gw belon mengenal makeup, cukup bedak dan lipgloss dan gw udah siap buat ngedate.  Nah tuh buktinya si hubby tetep nemplok sama gw walopun tanpa makeup,   Susah sih ya kalo susuknya kenceng emang dasarnya cantik  *ditimpuk sendal*.



Gw sendiri mulai mengenal makeup dengan segala perintilannya kayak primer, foundie de el el itu baru dua taun ini aja.  Sebelumnya gw cenderung benci malah sama make up, gw ngerasa kalo pake mekap muka gw kayak BENCONG, apalagi kalo harus dimekapin sama mekap artis kalo gw kebagian tugas nerima tamu pas sodara nikah.   Ugh rasanya kok males bangeettttt.  

Sekarang? Alhamdulillah gw masih bisa idup tanpa mekap.  Tapi gw akuin gw sekarang addicted sama PENSIL ALIS ato eyebrow powder.  Sejak eke jadi manten, ini alis dicukur tinggal setengah sama ibu perias, dan entah kenapa alis sayah tidak pernah kembali seperti dahulu kala :(.   Kadang bahkan pas dirumah gw tetep pake alis lho, padahal ga ada juga yang mau liat muke gw dirumah hahaah.  Gw rasa itu menjelaskan alasan gw memakai makeup, bahwa gw memakai make up untuk diri sendiri bukan untuk orang lain.  

Nah setelah baca komen-komen di youtube dan obrolan orang-orang  gw jadi lebih mikir aja, bisa ga sih gw idup tanpa mekap? dan apa iya kalo ga pake mekap gw trus jadi ga mau keluar rumah dan mengurung diri sambil mengais-ngais aspal?  Pikiran ini jadi bikin gw buka-buka foto-foto lama di fesbuk gw.  Keliatan bener bedanya gw yang dulu dan sekarang, sampe waktu hubby gw buka folder foto gw jaman dulu ada temennya yang ngirain gw dan cewek kece di foto itu adalah orang yang berbeda! dan setelah gw buka-buka foto gw jaman dulu, gw amati, gw cermati sampe kepala miring-miring, gw pikir gw keliatan fine-fine aja even tanpa make up lho. 


Lah terus kenapa sih gw seneng pake makeup?  siapa sih yang ga seneng tampil lebih cantik, mulus dan dipuji orang? buat gw itu nilai plus banget dari dandan, tapiiiiiiiii sebenernya alasan utama gw make make up ya untuk diri sendiri.  Ngaca dan mendapati muka lo keliatan enak diliat itu priceless kata gw, mood jadi lebih oke dan lo jadi berasa cantik aja gitu seharian ;p.  Nah coba kalo lagi kucel, rambut lagi gak banget? walopun ga ada yang menilai penampilan lo ato temen-temen bilang you look fine, tapi tetep aja di hati ada yang ngganjel. Belum lagi gw suka banget gimana make up bisa ngubah muka kita, jadi sexy *ehm*, cute, innocent ato apapun deh yang kamu mau.  Basically sama aja dengan alasan kita suka pake baju yang bagus dan cocok di badan.  Jadi lebih nyaman, jadi lebih pede.  Ngomong-ngomong ini sebenernya gw ngobrolin apasih kok jadi ngelindur dan random hahaha, yaah maap aja kalo alur pikir gw sulit dimengerti, namanya juga orang jenius ihik ihiiikkk... ;p


Nah ini ada penampakan muka gw jaman dulu waktu masih muda belia polos dan belum ternoda :)
Bandingin deh sama sekarang, tetep cute kaaaan?;p

jaman awal kuliah
prom night SMA dan gw cuma pake bedak dan lipstik haha..
No alis no eyeliner no shading daaan lain lain.  Bisa diliat aslinya emang alis gw botak hahhaah...
Kangen juga rasanya kalo ga harus mikirin apa gimana alis gw, cuek dengan mata yang kelopaknya minim dan pipi gendut menggemaskan yang membahana hehe..


before



after

















Nah kalo kalian bisa ga sih idup tanpa mekap? produk apa aja sih yang HARUS banget kalian templokin ke muka supaya ngerasa oke kalo keluar rumah? :)




37 comments:

  1. Wihhh....... kak hannnaaaa~ Cantik pol~ Fufufu... With or without makeup~ Nice post kak *angkat empat jempol tinggi-tinggi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou sabrinaaaa, Eh itu kamu angkat empat jempol berarti kamu ngambang doooong? *salah fokus hheheeh

      Delete
    2. Hihihii... Engga kakkk... sambil duduk kok :p Hihihi...

      Delete
  2. yang harus? eyebrow sama bedak dong ya :DD
    kalo nggak pakai eyebrow, alis keliatan berantakan banget.
    kalo nggak pake bedak, selalu dibilang ibu kayak orang belum mandi/cuci muka --"

    ReplyDelete
  3. Mukanya flawless bangeeet sih.....
    Yang gak makeup juga cantiiiiiik......
    Aku mesti banget pake eyeliner dan bb cream...
    Kayanya kurang fresh kalo gak pake 2 item itu...xixixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen2 aku juga banyak yg cant Live Without make up... Emang mata ngaruh bgt sih yaaaaa

      Delete
  4. cantiknya kakak 1 ini hehehe.. aku juga kalau sehari-hari cuman pakai bb cream + bedak aja..tanpa lain2..cuman kalau lagi pergi jalan2 aja (ke mall2 gitu) pakai eyeliner+mascara. sampai kadang ada temen yang kaget kalau liat aku makeup an lengkap, secara ketemu sehari-hari biasa banget ha5..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh samaaa kalo ada readers yang ketemu aku sehari2 pasti panglinggg, apalagi kalo pas koas... Kuceeeeelll

      Delete
  5. Mbak Hanna ga mekapan udah cantik. Hihi..
    Kalo aku masih ga bisa kelua tanpa sunblock, bedak dan lipbalm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh rajin yaaa dirimuuuu, aku ga betah pake sunblock soalnya lengkeeett, kadang pergi koas malah ga pake moisturizer heheheh

      Delete
  6. iaa cute n manisss walaupun gak pake make up hanaa :)

    ReplyDelete
  7. aku juga baru demen ma mekap setahun ini kak :p sbelumnya sih pede2 aja tanpa mekap..
    aku bs sih hidup tnp mekap, sejujurnya mekap itu cuma kepuasan pribadi aja menurutku xD kalo muka enak dipandang dan ga kucel, kan ga malu2in jg kalo difoto haha.. utk nambah rasa pede aja, tp bukan utk menutupi jati diri ^^
    nice post btw :D jaman kuliah kakak unyu bgt hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stujuuu Mekap bukan nutupin jati diri heheheh... Oh iya Dongg dulu masih unyuuu, sejak nikah jadi penuaan diniiiii hehehhe

      Delete
  8. menurutku kak hana mang dasarnya cantik jadi tanpa make up pun tetap cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiiinnnn heheheh *koprol dulu ah dibilang cantik heheheh

      Delete
  9. hannaaa mukanya mah udah mulus tanpa make up!
    kalau gw apa ya, masih bisa sih sekarang cuma pakai pelembab terus keluar rumah, dengan catatan ngga ngelirik kaca sama sekali. hahaha..

    tp kalau sempet pakai ya eyeliner sama bedak aja sih yg wajib. Alis masih bodo amat hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loooh kenapa ga liat kacaaaaa, kan inner byuti lebih penting ceeeeeelll. *preeettt hahahah tapi kalo pake jilbab terus matanya polos emg kayaknya ada yg kurang gitu yah sel?

      Delete
    2. kalau lihat kaca terus nyesel, kenapaaa gw ngga dandan :))
      tapi susah jg sih kalau gw udah seharian di proyek pun lupa sama muka.. kucel banget. iya Han, mata gw termasuk sayu kalau ngga ditegesin eyeliner.. udah makin bulet kan tuh ketutupan jilbab mukanya :)))

      Delete
  10. Cantiiiiiiiiiik :O tapi dari dulu udah ada bakat tampang ibu tiri ya kak hehehe. aduh baca post ini jadi pengen ngubek2 foto diri sendiri jaman dulu #salahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo tunjukkan wajah aslimu naaaak heheheh.... Muka ibu tiri kayaknya udah sedari balita deh hahaha

      Delete
  11. Udah cantik dari sononya deh with or without make up. Stuju deh kalo membuat diri cantik tuh lebih ke kepuasan diri sendiri.

    Kalo aku sih make up yg wajib bedak, eyeliner, n lipbalm. 3 itu cukup bikin muka terlihat lebih seger n gak kucel^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedak emang pentiiinggggg biar pas siang muka ga kelihatan minyakan ya hehehehe.... Thankyou diin dah mampiiiirr

      Delete
  12. sis hanna tnpa makeup cantik!
    dgn makeup lbh cantik..
    brarti kesimpulannya makeup membantu mengeluarkan kecantikan wanita..hehe :D
    anw, setuju banget ama pendapat sis, yg masa dulu ga perlu mikirin ttg penampilan..
    pngen juga balik ke masa2 itu..ahaha
    btw aku plg ga bisa keluar ruma tnpa lipbalm..rsanya kayk naked..#lebay dikit :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lipbalm sih itungannya masih bisa dikategorikan perawatan ya bukan makeup hehhe.. harusnya aku juga make lipbalm teratur nih secara bibir kering bener.. tapi.. males hheeh

      Delete
  13. Hannaaa, aku juga sering lho melototin foto2 jaman kuliah, jaman aku masih polos dan lugu nggak kenal makeup. Sama sih kaya kamu, aku juga berpendapat kalau tanpa makeup pun muka aku tetep oke. Ya emang begini deh, naturaly born beauty :D.
    Tapi rasanya asik aja yak eksprimen pake makeup. Oles ini itu dan anu sebelum pergi, rasanya asik aja prosesnya. Hasilnya juga asik. Tapi syukurlah, aku masih berasa oke2 aja keluar rumah tanpa makeup, masih pede2 aja ^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha toss dulu ah sesama naturaly born beauty ;p

      bener, emang seru bereksperimen sendiri. apalagi kalo berhasil boongin orang dengan shading pipi dan idung dan dibilang "ih kurusan ya kok tirus?" hehhe

      syukurlah berarti secara kejiwaan kita bedua masih sehat ya jeng belum addicted sama make up :p

      Delete
  14. emang dari dasarnya udah cantik hanaaaaa....... hahaha.. Enak deh muka kamuu pake ga pake mekap tetep ciamik! hihii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayah itu karena resolusi kamera henpon vaniii heheh.. aslinya suka kucel kok apalagi kalo dah siang2, berminyak hehhe

      Delete
  15. Hahaha ini mah emang kak Hanna tanpa make up udah cantiiikk >w< Mukanya mulus banget kak!

    Aku biasanya pake sunscreen aja kalo pergi pergi, abisnya matahari jakarta nyeremin ._.v Tapi tanpa pake make up pun sering banget, masih bocah juga XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo masih muda mah jangan pake yang berat-beraaaaat, jangan pake foundie tiap hariiii.. kalo sunblock sebenernya sih katanya harus ya buat perawatan dan mencegah ini itu, tapi sayangnya sayah pemalas hihihi

      Delete
  16. Haii Hana, baru kali ini gue komen sebelumnya hanya jadi pembaca saja :)
    mulai tergelitik untuk komen karena topiknya yang menurut gue oke dan akhir2 ini gue jg mikir bisa ga yah hidup tanpa make up seperti jaman ababil. hahaaa
    Ternyata sekarang gue ga bisa keluar rumah tanpa bb cream dan eye liner, bahkan lipstik aj selalu ada di tas. Nah itulah kosmetik bikin candu *haduh lebay*
    Btw, wajah asli bu dokter ternyata mulus tanpa make up, ga masalah deh gue kalau jadi lo ga makeupan juga.. udah cantikk kok buuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman ababil itu emang ngangenin, heheh.. gw juga sih lipstik selalu banget di tas. soalnya sekarang suka dibilang kayak mayat idup n dikira sakit karena suka pucet kalo ga pake lipstik!

      haduuuh alhamdulilah ada yang bilang cantik lagiiiii *lempar poni* hihi..

      Delete
  17. Tetep cantik kok tanpa make up.. pakai make up juga cantik, karena udah cantikk :)

    Suka sama fashion? Terutama suka dengan yang etnik etnik, coba cek www.angsadua.com

    tas batik keren keren di sini Tas Batik


    , Tas Tenun 




    See Ya ;)

    ReplyDelete
  18. Poe bisa-bisa aja sih hidup tanpa make up, yang bikin Poe ga bisa idup itu kalo tanpa oksigen. :) tapi memang ga bisa memungkiri..bahwasanya..hidup lebih lengkap dengan hadirnya make-up.

    Make-Up yg ga bisa poe tinggalkan: green concealer!, Pencil Alis/Brow Kit, Eyeliner dan Blush on/Cheek Tint. :D sama aja lengkap juga ya hahahaha...

    anyway, love your blog doll..belakangan banyak yg suruh aku buat blog dan vlog juga..jadi ini lagi belajar..salah satunya dengan baca2 blog2 yg udah established seperti punya jij..yg udah mantabh inih :)

    mohon petunjuk ya suhu ;)
    <3
    Poe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah itu sih make up lengkap hahahahah! agak-agak hampa merana ya kalo ga ada make up? hehehe...

      thank you for reading ya Poe, ayo semangat nge blognyaa! (sambil ngaca)

      Delete