Sep 16, 2015

Get Closer with Samsung Galaxy J5 (SuperAMOLED screen review)

holaaa

Udah baca review gw soal betapa canggihnya built-in front flash camera dari Samsung Galaxy J5? Kalo belom yuk wajib geser kebelakang sedikit dan klik disini.  Nah gw udah janji kan di post sebelumnya kalo gw bakal ngelanjutin review gw dengan ngebahas fitur seru lainnya dari Samsung Galaxy J5, makanya kali ini gw bakal ngebahas Layar Super Amoled dari smartphone ini.

  

Well seperti kebanyakan cewek, or let's say ibu-ibu, gw bukan tipe yang merhatiin segala macem tulisan deskripsi tentang gadget kalo mau beli gadget baru.  Biasanya nih yang gw perhatiin cuma berapa megapixel kameranya, ada kamera depan atau enggak (kudu wajib bin harus ini mah!) atau sekeren apa bentuknya hehe.  Makanya pas pertama disebutin Samsung Galaxy J5 ini memikiki layar Super Amoled gw biasa ajah dengernya, wong gw gak mudeng apa maksudnya hihi.  Lalu gw coba baca-baca artikel soal apa sih layar Super Amoled ini, kok kayaknya sering banget digembor-gemborkan.  Hayooo yang ga ngerti juga apa itu layar Super Amoled ngacung! sinih tak jelasin yaa apa itu Super Amoled *sombong.  

Kalau dari hasil googling sana sini, ternyata gw baru tau kalo layar handphone yang kita pegang sehari-hari tuh beda-beda jenisnya.  Yang ada di pasaran saat ini diantaranya layar LCD, TFT LCD, IPS LCD, AMOLED dan Super  AMOLED.  Cobak nih yaa dibawah ini gw jelasin secara singkat bedanya apa aja, tapi kalo salah-salah maklum dong yaaa kan gw jelasinnya selevel emak-emak slash beauty blogger hehehe.  



Gw yakin kalau kalian pasti udah sering denger lah yang namanya layar LCD atau Liquid Crystal Display.  Layar jenis ini udah digunakan sebagai layar bermacam perangkat selama berpuluh-puluh tahun, mulai dari monitor laptop kesayangan kalian, layar smartphone, bahkan jam tangan.  layar LCD menggunakan medium kristal cair yang diselipkan diantara beberapa panel kaca atau material transparan lain. Layar ini mereproduksi warna dengan sangat realistik, tetapi perlu lampu penerang tambahan, karena gak bisa menghasilkan cahaya sendiri.

TFT LCD atau Thin Film Transistor adalah layar LCD yang udah dimodifikasi jadi lebih baik. Walaupun udah lebih bagus dari LCD biasa tapi layar jenis ini masih ada kekurangannya, terutama viewing angles yang terbatas dan susah dibaca kalau kita lagi diluar ruangan. Selain itu layar jenis ini juga boros baterai.  IPS LCD atau in-plane swichting bisa dibilang sebagai kakaknya si TFT LCD.  IPS LCD menawarkan viewing angles yang udah jauh lebih oke dan juga lebih terang kalau dilihat dibawah sinar matahari, tapiiiii kekurangannya konon IPS LCD masih butuh daya yang besar alias boros baterai juga dan harganya pun lebih mahal. 



Layar AMOLED menggunakan teknolohi yang berbeda sama layar LCD, AMOLED terbuat dari lapisan polimer organik tipis yang menyala saat dialiri listrik. Layar jenis ini cenderung lebih tipis daripada LCD, bisa cuma 0.001mm!  Layar AMOLED tingkat kecerahannya lebih tinggi dan tampilannya lebih tajam.  Walaupun begitu tapi layar AMOLED ini lebih irit daya sekitar 40% dibandingkan jenis layar sebelumnya.  Dulu seringkali kalo lagi ada di bawah terik matahari kita jadi susah ngeliat layar hape kita kan? nah dengan teknologi AMOLED kita bakal lebih nyaman melihat layar handphone kita saat kita lagi diluar ruangan. 


Terus kalau Super AMOLED apa bedanya dong sama AMOLED? yah namanya aja udah "super" pastinya lebih banyak kelebihannya lah hehe.  Kelebihan dari super AMOLED diantaranya 20 % lebih irit daya dibandingkan AMOLED, mengurangi pantulan cahaya dibawah sinar matahari secara langsung, tetap bisa terbaca walaupun dilihat dari sudut 180 derajat, memiliki kontras yang jauh lebih tinggi, tampilannya 20% lebih cerah, dan layarnya lebih tipis.  Kekurangannya?  Layar Super Amoled ini biasanya dikenal cukup mahal, tapiiii Samsung Galaxy J5 udah mengusung tekonologi ini dan tebak berapa harga yang dibandrol untuk  smartphone dengan layar keren ini? 2.799.000 rupiah!  Menurut gw harga ini relatif murah dibandingkan dengan smartphone yang ada di pasaran saat ini, apalagi Samsung Galaxy J5 layarnya udah Super AMOLED.  Nah gambar dibawah ini nunjukin perbedaan tampilan layar Super Amoled dan jenis layar lainnya.


Wuih yang tadinya gw cuma mikir "aaah yang penting layarnya nyala" langsung amazed, soalnya gw lumayan sering keganggu sama layar hape gw sebelumnya yang suka susah diliat layarnya kalo dibawah terik matahari.  Abis baca penjelasannya langsung dong gw nyobain panas-panasan dibawah matahari sambil mantengin Samsung Galaxy J5 gw, biasa deeeeh emak-emak latah hehe. Eh ternyata beneran masih kebaca! gw coba buka-buka instagram gw dan ngeliat inspirasi-inspirasi makeup dengan eyeshadow warna gonjreng, emang ternyata warnanya lebih tajem dan lebih terang bahkan setelah gw foto ulang layarnya juga masih tajem dan terang banget (which is biasa sulit banget dilakuin dengan layar yang bukan Super AMOLED).


Layar Super AMOLED ini cihuy banget buat dipake browsing macem-macem inspirasi makeup look dan swachtes lipstick atau eyeshadow karena detail warnanya bisa keliatan tajem banget.  Buat nonton Youtube tutorial makeup juga mantep banget karena bener-bener kita bisa lihat step-by-step tutorialnya lebih jelas.  

Viewing angle Layar Super Amoled ini juga udah kece banget, 180 derajat tetep jelas.  Mau miring kanan kiri jungkir balik juga tetep enak dilihat layarnya hehe.  


Yang gw suka dari smartphone Samsung ini adalah kita bisa ngatur tingkat kecerahannya sendiri.  Pernah ngalamin ga kalo di tempat yang remang entah di bioskop atau di dalam mobil pas malem-malem, mata suka jadi sakit dan silau banget ngeliat layar handphone? Nah kalau pake Samsung kita bisa ngatur kecerahannya sampe minimal banget, jadi mata tetep nyaman ngeliat layar handphone dalam kondisi gelap sekalipun. 


Udah segitu doang tuh kelebihan Samsung Galaxy J5?  enggak! masih ada lagiiiii haha.  Tapi bersambung yah ke post selanjutnya, biar ga pada mumet bacanya (yang nulis mumet juga hehe).  

Sok atuh kalian yang mau tahu lebih lanjut soal betapa kerennya gadget ini kalian bisa main ke 

instagram : @samsung_id
twitter : @samsung_ID
facebook : Samsung Indonesia
Website : Samsung Indonesia


#tunJukkanmomenmu

sponsored by : 


No comments:

Post a Comment