Jun 8, 2016

Samsung Galaxy Tab A, Kids Friendly Gadget.

Haii haiiii 



Udah baca dong kemarin tentang kecanggihan mainan terbaru Aleya yang udah gw tulis di post sebelumnya? yup it is Samsung Galaxy Tab A baru yang punya Kids Mode sebagai andalannya.  Yang punya anak hayuk standby baca terus ya, karena hari ini gw bakal ngereview mengenai Kids Mode yang ada pada tablet ini.  Is it really child friendly? Is it really usefull? well, yuk terusin baca untuk tahu lebih jelas mengenai Kids Mode ini.  

Samsung Galaxy Tab A adalah sebuah tablet terbaru keluaran Samsung.  Samsung Galaxy Tab A hadir dengan layar 7 inci dengan desain ramping 8.7mm dan berat super ringan yaitu 289 gr yang sangat nyaman dibawa berpergian.  Tablet ini juga memiliki anti slip untuk menghindari tablet terlepas dari genggaman. Tau sendiri kan anak-anak suka heboh kalo main gadget dan rawan banget ngejatuhin gadget.  Kalau udah jatuh biasa yang setres sih bapaknya, emaknya sih tinggal minta beliin lagi hueheheh.  Samsung GALAXY Tab A memiliki kemampuan kamera 5 MP untuk hasil gambar yang lebih tajam, kapasitas baterainya cukup besar yaitu hingga 4000  serta slot microSD hingga 200GB untuk penyimpanan data yang buanyak termasuk game, video dan foto-foto. Selain fitur Kids Mode 4.0, tablet ini juga punya aplikasi lokal S-lime yang bisa memberikan informasi dari berbagai macam bidang melalui beragam e-magazine dan e-newspaper.

Apa sih gunanya Kids Mode pada Samsung Galaxy Tab A ini? Kids Mode yang merupakan fitur andalan dari tablet ini adalah suatu fitur dimana orang tua dapat mengatur laman khusus untuk anak.  Melalui Kids Mode ini kita bisa ngatur sendiri aplikasi apa aja yang bisa dibuka oleh anak, ngatur jam main anak dan bahkan mengecek berapa lama anak bisa main dan aplikasi apa saja yang menjadi favoritnya selama bermain.  Amazing kan? 

Di jaman serba digital seperti sekarang tentunya orang tua juga harus melek teknologi.  Lha wong Aleya dari bayi aja udah fasih banget buka-buka handphone milih game sendiri.  Ngerasa khawatir juga sih kadang takut anak kebanyakan main gadget dan jadi ansos alias anti sosial.  Tapi rasanya gak mungkin juga kita 100% membentengi anak dari gadget, bisa-bisa anak jadi ketinggalan karena di jaman sekarang rasanya teknologi itu penting banget.  Anak TK aja udah diajarin pake komputer cobaaa.  Gw juga amazed liat ponakan yang baru kelas 3 SD aja tugas sekolahnya harus dibuat pakai komputer. Jadi rasanya ga mungkin untuk benar-benar membentengi anak dari kemajuan teknologi.  Aleya sendiri sebenarnya sangat dibatasi main gadget karena Aleya mengalami speech delay.  Makanya gw harus ekstra ketat milih game yang boleh Aleya mainin dan juga ketat ngatur jam mainnya.  Untuk total ga main gadget rasanya sulit, karena yaaaa ga munafik lah yaa kadang kalau kita lagi capek atau sibuk maka gadget lah satu-satunya penolong heheh.  Gw terutama ngasih Aleya main gadget kalau sedang makan diluar rumah atau di mall, supaya Aleya betah duduk manis heheheh.  Gadget menurut gw sih ga selamanya negatif, Aleya justru banyak belajar dari game edukatif dan tayangan edukatif dari youtube.  Belajar warna, angka dan lagu-lagu anak jadi lebih mudah dengan adanya gadget.  Tapi ya jangan sampe keblablasan jadi mabok gadget.  Untuk Aleya sendiri gw selalu usahain tetap nemenin dia selama dia main gadget dan menjaga supaya pas main tetap interaktif dengan gw.  Makanya penting banget untuk orang tua jadi ikut belajar melek gadget.  Dampingi anak bermain dan juga disiplin membatasi waktu bermainnya.  Nah Kids mode pada tablet terbaru Samsung ini gw rasa sangat membantu untuk lebih memudahkan orang tua megajari anak bermain gadget.   

Kids Mode pada Samsung Galaxy Tan A ini sangat mudah dipahami.  Untuk mengaturnya kita hanya butuh kode rahasia yang hanya diketahui oleh orangtua. Anak tidak bisa keluar dari Kids Mode tanpa mengetahui kode rahasia itu.  


Icon dalam Kids Mode sendiri sangat eye cacthing untuk anak.  Ada beberapa aplikasi di dalamnya yang bisa dimainkan oleh anak.  Anak juga dimungkinkan melakukan penggilan keluar dengan daftar kontak yang sudah dipilih oleh orang tua.  Jadi ga ada lagi kejadian anak ga sengaja nelepon si boss hehe.  

Ada aplikasi foto juga yang super lucu.  Ini favoritnya Aleya banget karena dia suka bikin ekspresi aneh-aneh kalau foto hehe.  



Pengaturan isi Galeri foto dan video pun bisa kita atur, jadi anak ga bisa buka-buka galeri foto kita.  Menurut gw sih ini cukup penting ya karena sering kejadian Aleya ga sengaja ngehapus foto-foto penting dari galeri hehe.  



Kita juga bisa mendownload game dan aplikasi untuk anak di Kids Mode.  Jangan lupa selektif untuk milih aplikasi yang pas untuk anak ya mommies! Pilih yang edukatif dan sesuai untuk anak kita. 

Aleya seneng banget sama game dan aplikasi di kids mode ini.  Selain bisa bermain musik dan merekam suara, anak juga bisa menggambar dan mewarnai.   Aleya suka banget sama gambar-gambarnya yang lucu.  Emaknya juga seneng karena karakter maskotnya lucu-lucu.  Favorit Aleya sih menggambar dan mewarnai! 




Semua isi Kids Mode ini bisa diatur lewat Parental Control lho moms.  Untuk masuk ke menu Parental Control kita harus memasukan kode supaya anak tidak bisa mengaksesnya.  Disana kita bisa mengatur dan mengevaluasi aktifitas bermain anak.  



Batas waktu bermain anak juga bisa dibedakan antara weekend dan weekdays.  Dengan pengaturan waktu ini masing-masing orang tua bisa menyesuaikan model parentingnya dan kebutuhan anak.  Misalnya ada orang tua yang menjadikan waktu bermain gadget sebagai "hadiah" ketika anak telah menyelesaikan pekerjaan rumah atau bersikap baik.  Pengaturan waktu ini bukan cuma untuk anak kita aja, tapi juga reminder buat kita kalau kita udah terlalu lama membiarkan anak bermain gadget. Ketika batas waktu bermain sudah habis maka anak ga akan bisa mengakses tabletnya lagi.  Layar akan berubah menjadi gambar buaya bobok hehe.  Aleya biasanya udah ngerti nih kalau buaya udah bobok berarti waktu main udah selesai hehe.  


So far menurut gw Kids Mode ini membantu banget.  Gw jadi lebih bisa mengawasi dan mengatur waktu bermain Aleya.  Ga khawatir juga dia sembarangan buka aplikasi lainnya karena ada Kids Mode ini.  Anyway berikut ada tips dan kunci penting buat para mommies dalam mengenalkan gadget ke anak : 

- perhatikan game dan aplikasi yang digunakan, game edukatif sekarang sudah banyak banget dan mudah diunduh
- temani anak bermain, sebisa mungkin selalu jaga interaksi dengan anak supaya anak ga jadi pasif 
- batasi waktu bermain dan disiplinlah mengenai peraturan bermain.  Misalnya anak hanya boleh bermain jika sudah selesai membereskan mainan.  
- pilih gadget yang ramah terhadap anak

Kalau mommies mau info lebih lanjut soal produk-produk Samsung kalian bisa langsung cuss main ke : 

twitter        : @samsung_ID
Instagram  : @samsung_ID
Facebook  : Samsung Mobile Indonesia 

Thanks for reading ya mommies kece, stay happy! 

sponsored by : 




No comments:

Post a Comment