Jan 18, 2013

TIPS : Be a better writer!



Bagi kamu-kamu yang *ehm* rajin mantengin blog saya, pasti tau dong kalau di awal tahun ini saya diminta menjadi pengisi beauty contributor untuk Gogirl! bulan Januari ini? Kalau belum tau silahkan atuh mampir dulu di post saya yang ini hehe.  Tau dong majalah Gogirl! itu majalah remaja yang legendaris banget di Indonesia.  Saya inget banget pas pertama kali keluar majalah ini, isinya yang "beda" dan susunan artikelnya yang menarik bikin saya meninggalkan majalah remaja lain dan berpaling ke Gogirl!. Selain karena ada nama saya nongol di majalah ini *nyengir*, saya rekomendasiin kamu para beauty blogger (atau blogger apapun) untuk ngintip Gogirl! bulan ini deh.  Kenapa? Karena issue bulan ini adalaaaah.... POP WRITING ISSUE!



Segala macem tentang tulis-menulis dibahas disini, baik menulis fiktif maupun non-fiktif sampe cara mempublish tulisan yang kamu buat.   Berguna banget buat blogger dan kamu yang punya hobi nulis.  Gimana sih cara bikin orang tertarik baca tulisan kita? Gimana bikin followers ga bosen ngikutin blog kita? Berikut saya share tips menulis artikel non fiksi dari Gogirl! yang saya yakin pasti sangat berguna banget buat kita. 


1) Perfect title and interesting first lines

Sama seperti kita baca koran, nonton berita atau kalau kamu follow akun berita di twitter, title atau headline berita yang menarik pasti bikin kita penasaran untuk ngebaca lebih lanjut.  Pemilihan kalimat pertama dalam artikel juga menentukan banget lho, kalau kalimat pertamanya aja udah boring pasti pembaca juga udah malas duluan membacanya.  Tapi hati-hati juga dalam pemilihan judul, jangan sampe saking pinginnya orang membaca artikel kita lalu kita menggunakan judul yang kontroversial tapi ternyata ga sesuai dengan isi artikel.


2) Jangan lupa 5W + 1H

source

Penting banget nih, terutama dalam menceritakan suatu kejadian atau cerita.  Who, What, Where, When, Why and How wajib banget ada dalam artikel kamu supaya pembaca bisa lebih mengerti dan membayangkan apa yang kamu tulis.  Ini nih yang sering saya lupa, mengingat kadang saya suka terlalu to the point dalam menulis hehe.


4) Attention grabber topic

Pilih topic yang lagi hot untuk dibahas atau topik yang menurut kamu bisa memancing orang untuk terlibat membaca dan memberikan komentar.  Tapi tetep jangan asal menulis supaya jadi kontroversi namun artikelnya ga berbobot ya! 

5) Vissual effect

Foto atau gambar juga bisa menarik pembaca untuk berhenti sejenak membaca tulisan kamu lho.  Tertutama sebagai beauty blogger harus banget tuh menggunakan foto yang jelas untuk menggambarkan sebuah review agar pembaca bisa menangkap maksud kita. 

6) What and who matter to the readers?

Untuk menulis artikel yang menarik pembaca tentunya kita harus mengenali dulu dong siapa pembaca kita.  Misalnya bagi beauty blogger, kita sebisa mungkin belajar menebak apa sih yang lagi hip atau artikel seperti apa yang dibutuhkan oleh readers kita.  Apakah itu trend make up terbaru, tutorial, review produk atau tips seputar make up.  Selain itu kita juga harus mencoba menempatkan diri kita sebagai pembaca, misalnya dalam menulis review produk, apa aja informasi yang perlu ditulis dan apa yang tidak penting. 

7) New format

source

Nah ini yang susah!  Bikin sesuatu dengan format yang baru dan beda untuk menarik pembaca.  Kalau kita bisa selalu menyuguhkan ide segar pasti pembaca bakal betah ngikutin tulisan kita.  Contohnya untuk bikin artikel FOTD kamu lebih menarik kamu bisa bikin chart seperti diatas yang juga sering digunakan oleh para make up artist ternama.  Untuk yang satu ini saya harus ekstra keras mencari inspirasi nih hehe.

Selain tips-tips seputar menulis, inspirari tentang fashion dan beauty juga lengkap banget dibahas di majalah ini.  Rubrik make up dan fashionnya selalu segar dilihat dan menginspirasi!

udah lama banget saya ngefans sama MUA-nya Gogirl! yaitu Jeinita Ante!

artikel tentang beauty yang saya tulis hehehe.

rubrik fashionnya selalu sukses bikin saya ngiler!
Untuk kalian yang mau lebih tau tips-tips menulis lainnya langsung aja beli Gogirl! bulan ini.  Banyak saran dan artikel yang sangat membantu kita dalam hal menulis.  Favorite saya adalah tips dan sudut pandang dari beberapa publisher yang dimuat di majalah ini.  Nah, sekian dulu ya readers tulisan saya kali ini.  Selamat menulis! :)




2 comments:

  1. Aku udah beli lho Hannaaaa.. Love your writing as always! ^^
    Edisi ini emang bagus banget, suka bacanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ciiil^^, anyway aku mau bikin disclaimer gara2 kamu belum sempet2 niiyy

      Delete